Kejar Target Vaksinasi, TNI AL Serbu Desa Batulawang Cianjur

VIVA Militer: Danlantamal III TNI AL tinjau vaksinasi di Kab.Cianjur
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut hingga saat ini masih terus bekerja ekstra keras dalam menjalankan program pemerintah dalam melakukan percepatan vaksinasi di seluruh pelosok Indonesia.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

Hari ini, Pangkalan Utama Militer Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mengerahkan puluhan personelnya ke Desa Batulawang, Kabupaten Cianjur untuk menggencarkan serbuan vaksinasi di wilayah itu.

Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq yang memantau langsung proses vaksinasi di Balai Desa Batulawang menyatakan, Kabupaten Cianjur dipilih menjadi salah satu lokasi vaksinasi TNI Angkatan Laut karena capaian vaksinasi di daerah Cianjur masih sangat rendah. 

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

"TNI AL yang biasanya memiliki tugas di wilayah pesisir. Karena wilayah pesisir kita sudah mencapai 70 persen baik pada dosis 1 dan dosis 2. Maka kita mencoba memilih daerah-daerah yang persentasenya masih agak rendah. Dan vaksinasi ini juga hasil koordinasi dengan pemerintah setempat," kata Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, Jum'at, 24 September 2021.

VIVA Militer: Danlantamal III TNI AL tinjau serbuan vaksinasi di Kab. Cianjur

Photo :
  • Pen. Lantamal III
Kasus Demam Berdarah Meningkat, Kapan Vaksin DBD Siap?

Selain itu, Danlantamal III menjelaskan, Kabupaten Cianjur merupakan salah satu wilayah binaan dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bandung yang berada dibawah komando Lantamal III Jakarta. Lanal Bandung lanjut Danlantamal, memiliki wilayah kerja mulai dari Pangandaran, Sukabumi, Cianjur, hingga Tasikmalaya. 

"Ini merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo yang didelegasikan melalui Panglima TNI dan Kapolri yang kita selenggarakan di lapangan secara sinergi antara pemerintah daerah, institusi TNI-Polri, kemudian tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat yang sama-sama melalukan kegiatan vaksinasi nasional secara serentak," ujarnya.

Lebih jauh lagi Danlantamal menjelaskan, dalam serbuan vaksinasi kali ini pihaknya telah mempersiapkan 100 Vial atau 1000 dosis vaksin jenis Sinovac yang akan diberikan untuk kebutuhan vaksinasi tahap pertama masyarakat di sekitar Desa Batulawang, Kabupaten Cianjur.

"Jadi ini vaksinasi tahap pertama di sini, insyaallah nanti 28 hari kedepan kita akan kembali memberikan vaksin tahap kedua di sini," ujarnya.

Berdasarkan data Kemenkes RI, vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Cianjur baru mencapai 19.82 persen. 

"Target hari ini kita mungkinkan sampai dengan 1000 dosis vaksin. Harapannya tercapai dan mudah-mudahan apabila ini tercapai kita bisa mengurangi persentase yang belum tervaksin dan akan menambah persentase yang tervaksin. Tujuannya ialah mencapai herd immunity atau kekabalan komunal supaya kita agar lebih tahan dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata Brigjen TNI Marinir Umar Farouq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya