Jenderal Kopassus Soal Komunis: Tunjukkan, Saya Kasih Waktu Seminggu!

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo saat menjabat Panglima TNI
Sumber :
  • tni.mil.id

VIVA – Pernyataan Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo yang menyebut bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah disusupi paham komunis, terus bergerak cepat bak bola panas. 

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo menyimpulkan bahwa komunis bersemayam di tubuh TNI, pasca hilangnya patung-patung diorama penumpasan Gerakan 30 September 1965 (G30S PKI), di Markas Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Makostrad).

Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman, memberi respons keras usai tudingan Purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat tersebut. Pangkostrad menyebut bahwa tuduhan itu adalah sesuatu yang sangat keji.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Dudung juga menjelaskan mengapa diorama penumpasan Gerakan 30 September 1965 yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), diangkat dari Museum Dharma Bhakti Kostrad. 

Diungkap Dudung, pengangkatan patung-patung Jenderal BesarTNI (Purn.) Soeharto, Jenderal Besar TNI (Purn.) Abdul Haris Nasution dan Letjen TNI (Purn.) Sarwo Edhie Wibowo, diinisiasi oleh Pangkostrad ke-33, Letjen TNI (Purn.) Azmyn Yusri Nasution.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Sintong Panjaitan

Photo :
  • Youtube

Terkait pernyataan Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo, hampir setahun lalu mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus), Letjen TNI (Purn.) Sintong Panjaitan, pernah menyinggung keberadaan komunis di masa sekarang.

Sintong yang juga ikut serta dalam Operasi Penumpasan G30S PKI pada 1965, memastikan bahwa paham komunis sudah tidak ada lagi di Indonesia. Sintong yakin, ideologi komunis bahkan sudah kapok untuk bisa menunjukkan eksistensinya.

"Perlu diluruskan mengenai komunis. Jadi komunis itu sebetulnya menurut pandangan saya, sudah kapok itu di Indonesia itu. Enggak ada komunis lagi di Indonesia," tegas Sintong dalam wawancara program Podcast Pusat Penerangan (Puspen) TNI yang ditayangkan pada  1 Oktober 2020.

Dalam pandangan Sintong, siapa pun pihak yang menyebut masih ada komunisme di Indonesia adalah mengada-ada. Oleh sebab itu, Sintong meminta dengan tegas siapa pun yang menyebut masih ada penganut paham komunis di Indonesia masih ada, bisa membuktikannya.

Mantan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana itu meminta untuk membawa 20 orang penganut paham komunis, dalam waktu seminggu.

"Sekarang saya mau tanya dulu, tunjukkanlah 20 komunis di Indonesia ini. Saya kasih (waktu) seminggu, yang betul-betul mereka komunis supaya kita jelas. Jangan kita membuat sesuatu yang tidak ada," ujar Sintong lantang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya