KSAL Sowan ke 2 Pondok Pesantren Besar di Cirebon Bawa Ribuan Vaksin

VIVA Militer: KSAL bersama Pimpinan Ponpes Kempek KH. Musthofa Aqil Siradj
Sumber :
  • Dispen Lantamal III

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pada hari Selasa, 28 September 2021 kemarin mendatangi dua Pondok Pesantren terbesar di daerah Cirebon, Jawa Barat, yaitu Pondok Pesantren Khas Kempek dan Pondok Pesantren Buntet, Cirebon.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Kedatangan orang nomor satu di lingkungan TNI Angkatan Laut ke dua Pondok Pesantren itu dalam rangka silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren serta meninjau serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh prajurit TNI Angkatan Laut yang ditujukan untuk para santri dan masyarakat yang berada di sekitar pondok pesantren tersebut.

Laksamana TNI Yudo Margono mengawali kunjungannya ke Pondok Pesantren Khas Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Kedatangan pemegang komando di Matra Laut itu disambut hangat oleh pimpinan pondok pesantren KH. Musthofa Aqil Siradj dan santri di pondok pesantren tersebut.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Dalam kesempatan itu, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, tujuan vaksinasi yang mensasar para santri, para tenaga pengajar, serta masyarakat di lingkungan pondok pesantren sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam mencegah penularan COVID-19 di tengah masyarakat. Dengan tujuan menciptakan herd immunity atau meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat.

Terlebih lagi, lanjut Kasal, para santri aktif dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

"Saya berharap agar anak-anak remaja khususnya para santri dan pengajar di Kota Cirebon bisa divaksin semuanya. Sehingga pelaksanaan pembelajaran di Ponpes akan lebih aman dan tidak khawatir lagi dengan tatap muka," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melalui keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Rabu, 29 September 2021.

VIVA Militer: KSAL tinjau vaksinasi di Ponpes Buntet Cirebon

Photo :
  • Pen. Koarmada I

Usai bersilaturahmi dengan para kyai dan santri di lingkungan Pondok Pesantren Khas Kempek, Kasal bersama rombongan kemudian melanjutkan kunjungannya ke Pondok Pesantren Buntet pimpinan KH. Nahduddin Abbas.

Kedatangan Kasal di Pondok Pesantren yang berlokasi di Astanajapura, Cirebon itu disambut antusias oleh para kiai dan santri Buntet.

Di situ, Kasal bersama rombongan juga menyempatkan diri untuk menyapa para santri dan meninjau serbuan vaksinasi yang digelar oleh prajurit TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan unsur Forkopimda Cirebon yang lainnya.

Laksamana TNI Yudo lebih jauh menjelaskan, dalam kunjungannya ke dua pondok pesantren terbesar di Cirebon itu, pihaknya telah mempersiapkan 6000 dosis vaksin yang akan digunakan untuk memvaksinasi di dua pondok pesantren tersebut.

“Memang diawal melaksanakan vaksinasi pada bulan juni lalu saya perintahkan, kebijakan saya serbuan vaksin dilaksanakan di pulau-pulau terluar, desa pesisir, dan kampung-kampung nelayan. Namun setelah tercapai di daerah-daerah tersebut, kita sasar ke daerah tengah pemukiman padat penduduk, para pelajar kemudian ke Ponpes dan masyarakat sekitarnya sehingga semuanya lapisan masyarakat dapat tervaksin,” kata Laksamana Yudo Margono.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya kali ini Laksamana TNI Yudo Margono tidak datang sendirian. Perwira Tinggi (Pati) TNI yang digadang-gadang sebagai salah satu calon Panglima TNI itu datang didampingi oleh Sang istri tercinta yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono, serta sejumlah Pati TNI Angkatan Laut lainnya, diantaranya, Panglima Koarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Danlantamal III Jakarta Brigjem TNI (Mar) Umar Farouq, serta Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya