Kenang G30S/PKI, Pangdam Jaya Bawa Pasukan Tabur Bunga di TMP Kalibata

VIVA Militer: Pangdam Jaya pimpin upacara dan tabur bunga di makam TMP Kalibata
Sumber :
  • Pendam Jaya/Jayakarta

VIVA – Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji hari ini memimpin rombongan dari Kodam Jaya untuk melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Kegiatan ziarah dan tabur bunga di makam sejumlah pahlawan revolusi itu dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa kelam masa lalu yaitu penculikan dan pembunuhan terhadap sejumlah jenderal TNI yang jadi korban dari gerakan G30S/PKI tahun 1965 silam.

“Ziarah dan kegiatan tabur bunga ini bertujuan untuk mengenang momentum peristiwa silam yang terjadi pada tahun 1965, dimana para pahlawan Revolusi gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara. Oleh karena nya maka sepatutnya bagi generasi penerus TNI, dalam hal ini Kodam Jaya memperingati hari yang bersejarah ini, termasuk besok setiap tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila,“ kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra dalam keterangan resminya, Kamis, 30 September 2021.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

VIVA Militer: Pangdam Jaya pimpin tabur bunga di makam pahlawan revolusi

Photo :
  • Pendam Jaya/Jayakarta

Kapendam Jaya menambahkan, kegiatan tersebut diawali dengan upacara penghormatan yang dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata.

24 Sniper dan Tim Penyelamat Kopasgat Siap Amankan Tamu KTT WWF 2024 di Bali

Setelah itu, Pangdam Jaya beserta rombongan menuju beberapa makam Pahlawan Revolusi, diantaranya, Jenderal Besar AH. Nasution dan Jenderal TNI (Purn) Ahmad Yani. Di atas pusara para Pahlawan Revolusi itu, Mayjen TNI Mulyo Aji serta rombongan melakukan prosesi tabur bunga dan memanjatkan doa untuk para pahlawan yang telah gugur agar mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat di lingkungan Kodam Jaya/Jayakarta, diantaranya, Kasdam Jaya Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun, Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI R.Sidharta Wisnu Graha, Danrem 052/Wkr Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar, serta para Asisten Kasdam Jaya.

VIVA Militer: Serangan militer Israel di kota Rafah, Jalur Gaza

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Sejumlah warga Gaza masih tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024