KSAD Tidak Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke-76 di TMP Kalibata

VIVA Militer: Panglima pimpin doa di pusara Presiden RI ke-3, BJ. Habibie
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini memimpin Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76 tahun di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Upacara yang berlangsung di tengah derasnya guyuran hujan itu berlangsung dengan khidmat dan khusuyuk.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, Upacara ziarah nasional dan tabur bunga dimulai sekitar pukul 15.30 WIB. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo terlihat hadir dalam kegiatan tersebut. Sementara, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa tidak tampak hadir, namun diwakilkan oleh Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang bertugas sebagai Inspektur Upacara (Irup) sore tadi mengawali upacara dengan meletakkan karangan bunga berlogo Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bertuliskan HUT TNI ke-76 tahun 2021 di bawah Tugu Garuda di Plaza TMP Kalibata.

Setelah memimpin Upacara, Panglima TNI bersama Kepala Staf Angkatan serta rombongan yang hadir dalam kegiatan tersebut langsung berjalan ke arah pusara Presiden RI ke-3, BJ. Habibie.

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Setibanya di depan pusara Presiden Habibie, Panglima TNI yang didampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasad) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari menundukkan kepala dan mengangkat kedua tangannya untuk berdoa.

VIVA Militer: Panglima pimpin upacara ziarah nasional Peringatan HUT TNI ke-76

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Setelah itu, Panglima TNI memimpin tabur bunga dan diakhiri dengan memberikan penghormatan kepada Presiden RI ke-3, BJ. Habibie yang meninggal dunia pada tanggal 11 September 2019 silam.

Setelah, dari pusara Presiden RI ke-3 BJ. Habibie, Panglima TNI beserta rombongan kemudian melanjutkan tabur bunga ke beberapa makam para pejuang revolusi lainnya, diantaranya Jenderal TNI (Purn) A. Yani.

Untuk diketahui, Upacara ziarah nasional dan tabur bunga ke makam mantan Presiden RI dan sejumlah pahlawan nasional yang dilakukan oleh Panglima TNI itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT TNI ke-76 tahun 2021.

Rencananya, Upacara puncak peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021 akan digelar pada esok hari, 5 Oktober 2021 di Istana Negara Republik Indonesia.

Selain menggelar upacara, pada peringatan HUT TNI tahun ini, Mabes TNI akan memamerkan 112 Alutsista TNI dari tiga Matra di sekitar Istana Negara. Tidak hanya itu, pada perayaan puncak besok, TNI juga akan menyuguhkan parade udara yang akan dilakukan oleh 18 pesawat militer TNI di langit Jakarta.

Baca: Diguyur Hujan, Panglima TNI Pimpin Ziarah Nasional Dengan Khusyuk

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya