TNI AL Kerahkan Tim Peneliti ke Selat Manipa Ambon, Ada Apa?

VIVA Militer: Pushidrosal TNI AL kirim Tim Peneliti ke Selat Manipa Ambon
Sumber :
  • Pen. Pushidrosal TNI AL

VIVA – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan hari ini melepas keberangkatan Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I “Aurora”  Etape IV di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara.

KSAL Muhammad Ali Lantik 2 Pejabat Penting TNI AL, Danpushidrosal dan Pangkolinlamil Diganti

Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan menyatakan, ekspedisi Jala Citra I “Aurora” merupakan kegiatan penelitian kelautan yang memiliki arti strategis. 

Menurut Danpushidrosal, ekspedisi Jala Citra I “Aurora” ini merupakan Ekspedisi  pertama kali yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pushidrosal yang dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan pemetaan batimetri untuk keselamatan pelayaran dan sekaligus penelitian tentang geofisika dan geomorfologi kelautan, serta analisa fitur-fitur bawah laut lainnya yang melibatkan para peneliti nasional dari kementerian, lembaga penelitian serta universitas.

Pushidrosal TNI AL Beri Nama Temuan Gunung di Bawah Laut Banda dengan Soekarno Seamount Chain

“Ekspedisi ini akan terus dilanjutkan sebagai agenda tahunan yang akan dikembangkan terus terutama  melalui koordinasi dan kolaborasi dengan peneliti pada tingkat nasional dan bahkan berpeluang untuk dikembangkan dengan melibatkan interaksi dengan kelembagaan penelitian internasional terkait," kata Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan dalam keterangan resminya, Rabu, 6 Oktober 2021.

Adapun Tim peneliti yang dikirim melakukan penelitian di bawah laut Selat Manipa, Ambon diantaranya adalah, Kolonel Laut (P) Anom Puji Hascaryo (Kadishidro Pushidrosal), Mayor Laut (E) Aditya Prayoga (Satsurvei Pushidrosal), Rina Zuraida (Pusat Survei Geologi ESDM), Gabriella Alodia (ITB), Kristianto (PVMBG ESDM), Mustafa Hanafi (P3GL ESDM), serta Fareza Sasongko Yuwono (Pusat Riset Laut Dalam LIPI).

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Untuk diketahui, para peneliti tersebut hari ini berangkat menuju Ambon untuk bergabung dengan KRI Spica-934 untuk melaksanakan penelitian di perairan Selat Manipa dan sekitarnya.  

"Ekspedisi Jala Citra I Aurora Etape IV ini, direncanakan selama 6 hari mulai tanggal 6 sampai 12 Oktober 2021 untuk melaksanakan penelitian fitur batimetri di sekitar perairan Selat Manipa," ujarnya.

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024