Sah, 3103 Warga Sipil Resmi Dilantik Jokowi Jadi Komcad TNI

VIVA Militer: Prajurit Komcad TNI Angkatan Darat 2021
Sumber :
  • Youtube Biro Pers Presiden RI

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pagi ini mendatangi Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus di Batujajar, Jawa Barat. Kedatangan Presiden Jokowi ke Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar itu dalam rangka melantik sekaligus menutup program latihan dasar Komponen Cadangan (Komcad) yang diikuti oleh 3.103 warga sipil dari berbagai kalangan.

WWF 2024, Jokowi Banggakan RI Punya Waduk dengan PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara

Dalam kesempatan itu, Orang nomor satu di Republik Indonesia itu sempat menyaksikan demonstrasi kemampuan yang dilakukan oleh ribuan prajurit Komcad. Mereka menunjukkan kemampuannya, mulai dari merakit senjata lars panjang hingga ilmu beladiri khas prajurit TNI yang telah dilatih selama proses pendidikan.

Untuk diketahui, pelantikan 3.103 prajurit Komponen Cadangan (Komcad) ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia digulirkan. Dengan demikian, saat ini Negara Republik Indonesia secara resmi memiliki kekuatan komponen cadangan (Komcad) yang terdidik dan terlatih serta siap dimobilisasi kapan dan dimana saja untuk mendukung pertahanan negara.

Perkenalkan Prabowo di Depan Tamu WWF Termasuk Elon Musk, Berikut Pidato Lengkap Jokowi

VIVA Militer: Parade prajurit Komponen Cadangan (Komcad) 2021

Photo :
  • Youtube Biro Pers Presiden RI

Komandan Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI AM. Putranto menyatakan, ribuan prajurit Komcad itu sebelumnya telah melaksanakan pendidikan dan latihan Komcad sejak bulan Juni 2021 lalu. Mereka dilatih dan dididik seperti halnya prajurit TNI dengan tenaga atau pelatih berpengalaman selama kurang lebih tiga bulan di sejumlah tempat terpisah, diantaranya, di Rindam Jaya sebanyak 500 personel Komcad, Rindam III/Siliwangi 500 personel, Rindam IV/Diponegoro 500 personel, Rindam V/Brawijaya 500 personel dan Rindam XII/Tanjungpura 499 personel. Kemudian, mereka mengikuti Latihan Pembulatan di Pusdiklatpassus. Selain itu tergabung pula 604 orang mahasiswa-mahasiswi Universitas Pertahanan RI yang melaksanakan Diksarmil sebagai Komcad.

Maruarar Sirait Klaim Dukung Jokowi dan Prabowo Bukan Demi Kursi Menteri

"Semua peserta didik dibekali dengan kemampuan dasar militer di antaranya kemampuan menembak tingkat pratama, permildas, navigasi darat, dan lain-lain," kata Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto dalam keterangan resminya, Kamis, 7 Oktober 2021.

Turut hadir mendampingi Presiden RI dalam pelantikan Komcad tersebut pejabat militer, diantaranya, Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohammad Hasan, dan Komandan Pusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi Angandowa Zebua.

Gedung Bank Indonesia.

DPR Sudah Kantongi Nama Calon Deputi Gubernur Senior BI, Pekan Depan Seleksi

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengaku, sudah menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai usulan nama calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI).

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024