Panglima TNI: Trend Kasus COVID-19 Sudah Turun, Tetap Gunakan Masker!

VIVA Militer: Panglima TNI, Kapolri dan KSAL tinjau vaksinasi di RSNU Mangir
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Rumah Sakit Nahdatul Ulama (RSNU) Mangir, Banyuwangi, Jawa Timur.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Kedatangan Panglima TNI bersama rombongan itu langsung disambut oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Ketua PCNU KH. Mohammad Ali Makki Zaini.

Rencananya target serbuan vaksinasi sebanyak 17.000 dosis. Serbuan Vaksinasi akan digelar di 45 titik berbeda secara serentak dengan melibatkan 573 vaksinator gabungan TNI-Polri dan Dinkes Kabupaten Banyuwangi.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

RSNU Mangir adalah salah satu titik pelaksanaan serbuan vaksinasi yang digelar secara serentak hari ini. 

Selain meninjau serbuan vaksinasi, Panglima TNI beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan beberapa Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyuwangi secara virtual.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berpesan kepada seluruh Kepala Puskesmas yang melaksanakan teleconfrence agar dapat memastikan sasaran vaksinasi baik dosis pertama dan kedua sesuai dengan target. Dengan begitu Panglima TNI berharap capaian percepatan vaksinasi dapat diikuti oleh pemulihan ekonomi.

"Selanjutnya strategi secara demografi masyarakat di wilayah bapak apakah jemput bola ataukah dilaksanakan di gerai-gerai vaksin yang ada di suatu tempat seperti stadion dan sebagainya harus benar-benar diperhatikan," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis, 14 Oktober 2021.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Kepala Puskesmas yang hadir menjelaskan kepada Panglima TNI bahwa sampai saat ini aktivitas Puskesmas terus berjalan dengan sebagaimana mestinya. Selain menangani permintaan vaksinasi, Puskesmas juga melayani pelayanan ibu hamil, masyarakat sakit dan itu dilakukan di empat pelayanan fasilitas kesehatan di Puskesmas Induk maupun Puskesmas Pembantu. 

“Kita menyesuaikan kalau kasusnya jemput bola. Hari ini kita misalnya jemput bola di Dusun Jalen Darungan dan Dusun Jenisari,” kata salah satu Kepala Puskesmas di Banyuwangi.

"Bagus sekali Pak, terima kasih pelaksanaannya dan terpenting adalah sinergi antar pemerintah pusat, TNI-Polri, dan Dinkes serta relawan daerah. Saya yakin dengan semangat kebersamaan target yang akan kita capai pasti akan sesuai harapan,” ucap Panglima TNI menanggapi penjelasan dari salah satu Kepala Puskesmas tersebut.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada masyarakat Kabupaten Banyuwangi, karena antusias untuk mengikuti kegiatan vaksin dengan sangat luar biasa.

“Saat ini bahwa trend kasus COVID-19 sudah turun, kita patut bersyukur, namun saya ingatkan kita tetap harus waspada. Bersyukur tapi waspada, waspada nya apa sesuai dengan apa yang selalu disampaikan oleh bapak Presiden kita harus selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker,” kata Panglima TNI.

Dia menegaskan bahwa penggunaan masker adalah kunci terpenting dalam mencegah penyebaran COVID-19. “Masker bisa melindungi kita dari terpaparnya COVID-19, sehingga trend kasus saat ini sudah turun, ini yang harus kita jaga, namun kita diwajibkan untuk terus menggunakan masker,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya