Peristiwa Haru di Markas Pasukan Pandawa Kostrad TNI

VIVA Militer: Prajurit Yonif MR 411/Pandawa, Kostrad TNI
Sumber :
  • Yonif MR 411/Pandawa

VIVA – Sebuah peristiwa mengharukan tercipta di markas militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Momen haru itu terjadi saat Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa, Jumat 15 Oktober 2021, harus merelakan 19 prajurit terbaiknya untuk berpisah dari satuan tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) tersebut.

Berdasarkan siaran resmi Yonif MR 411/Pandawa, 19 prajurit TNI itu harus pergi untuk menunaikan tugas di satuan lain. Ya mereka berpindah satuan.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Menurut Komandan Yonif MR 411/Pandawa, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Arif Hermad, 19 prajurit Pandawa pindah tugas setelah menyelesaikan Pendidikan Pembentukan Bintara Reguler (Diktukba Reg) tahun 2021.

Sudah menjadi tradisi bagi satuan, setiap ada prajurit TNI yang pindah satuan maka dilaksanakan upacara korp raport pindah satuan. Sebelum meninggalkan markas Yonif MR 411/Pandawa, 19 prajurit itu melakukan penciuman tunggul Yonif MR 411/Pandawa.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

VIVA Militer: Prajurit Yonif MR 411/Pandawa, Kostrad TNI

Photo :
  • Yonif MR 411/Pandawa

Kemudian penandatanganan buku keluar satuan dan acara tambahan berupa pemberian piagam penghargaan serta ucapan selamat bertugas dari keluarga Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa.

"Tradisi pelepasan ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan rasa kebanggaan terhadap Satuan lama yang akan ditinggalkan, selain itu juga sebagai penghormatan dan penghargaan untuk personel yang pindah Satuan karena selama berdinas di Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad mereka telah mencurahkan segala usaha dan upaya demi kesuksesan dan kemajuan satuan," ucapnya.

"Selamat jalan dan selamat bertugas di Satuan yang baru, teriring harapan agar tetap menjaga tali silaturahmi, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkahi dalam setiap langkah dan tindakan kita untuk menunaikan tugas dan pengabdian terbaik bagi Bangsa dan Negara yang kita cintai," kata Letkol Arif Hermad.

Baca: Hebat, Prajurit Harimau Putih Marinir TNI Seorang Diri Terkam Bandar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya