74 Tahun Sepak Terjang Paskhas TNI Angkatan Udara Memperkuat NKRI

VIVA Militer: Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara
VIVA Militer: Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Siapa yang tidak kenal dengan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara? Korpaskhas atau yang biasa disebut Paskhas merupakan pasukan elit TNI Angkatan Udara yang memiliki spesifikasi Para Komando.

Sehingga kemampuan tempur Pasukan elit TNI Angkatan Udara yang memiliki ciri Baret Jingga itu tidak perlu diragukan lagi. Paskhas TNI Angkatan Udara adalah prajurit tempur TNI Angkatan Udara yang tidak hanya memiliki kemampuan di udara saja, tapi pasukan elit TNI Angkatan Udara itu secara khusus juga dilatih untuk bertempur dan menghadapi musuh baik yang ada di darat maupun wilayah laut.

Korps Paskhas TNI Angkatan Udara pada tanggal 17 Oktober 2021 telah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-74 tahun. 74 tahun mengabdikan diri dalam menjaga dan memperkuat pertahanan Indonesia dari Sabang sampai Merauke sudah pasti torehan prestasi telah diembannya dalam tugas operasi baik Operasi Militer dalam Perang maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dari data yang dihimpun VIVA Militer, Senin, 18 Oktober 2021, Korps Paskhas memiliki sederet pengalaman tempur dalam operasi yang ditugaskan oleh negara, diantaranya adalah, operasi penerjunan payung pertama kali ke Kotawaringin, Barat, Kalimantan Tengah dalam rangka mempertahankan Kalimantan dari gempuran Malaysia pada tahun 1974, Perang Kemerdekaan, Operasi penumpasan DI/TII, Operasi Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Penumpasan G 30S/PKI, Operasi Seroja, Operasi Rencong, bahkan yang teranyar mereka juga dilibatkan dalam Operasi penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)-OPM di Papua, serta, operasi pemburuan kelompok teroris di Poso dalam Operasi Madago Raya.

VIVA Militer: Pasukan Batalyon Komando (Yonko) 463/Paskhas
Photo :
  • paskhas.mil.id

VIVA Militer: Pasukan Batalyon Komando (Yonko) 463/Paskhas

Tidak hanya itu, Paskhas TNI Angkatan Udara juga terlibat dalam menjalankan operasi perdamaian di luar negeri bersama Satgas Kontingen Garuda baik yang dilakukan di Vietnam, kemudian di Yugoslavia dibawah Unprofor, di Bosnia bersama Konga XIV A-B Bosnia, hingga di Lebanon bersama Satgas Kontingen Garuda UNIFILL saat ini.

74 tahun menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pasukan Khas TNI Angkatan Udara itu memang tidak terlihat di media masa. Sebab, sebagai pasukan khusus yang memiliki spesialisasi bertempur dalam senyap dan cepat, Paskhas TNI Angkatan Udara dikenal juga sebagai pasukan yang memegang kuat motto "Karmanye Vadikaraste Mafalesu Kadatjana" yang artinya "Kamu berhak melakukan tugas yang ditentukan, tetapi tidak berhak atas hasil kelakuanmu."