TNI AL Fokuskan Percepatan Vaksinasi ke Wilayah Tangerang dan Bogor

VIVA Militer: Pangkoarmada I Pimpin Gelar Pasukan untuk Percepat Vaksinasi
VIVA Militer: Pangkoarmada I Pimpin Gelar Pasukan untuk Percepat Vaksinasi
Sumber :
  • Dispen Koarmada I

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut kembali mengerahkan ratusan Tenaga Kesehatan (Nakes) di jajaran Komando Utama (Kotama) dibawah komando Koarmada I untuk menjalankan Program Serbuan Vaksin secara serentak di wilayah Bogor, Jawa Barat dan Tangerang, Banten.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini melepas Satuan Tugas (Satgas) vaksinasi maritim COVID-19 dalam apel gelar kesiapan vaksinator yang diikuti oleh 220 personil tenaga kesehatan di Jajaran TNI Angkatan Laut beserta kendaraan medis di Lapangan Apel Mako Koarmada I, Jakarta Pusat.

Tenaga kesehatan di jajaran TNI Angkatan Laut yang akan terlibat dalam kegiatan serbuan Vaksin kali ini antara lain dari Diskes Angkatan Laut, Diskes Armada I, Diskes Korps Marinir, Diskes Lantamal III Jakarta, Rumkital Mintoharjo, RS Marinir Cilandak, dan Batalyon Kesehatan 1 Marinir.

Dalam amanat KSAL yang dibacakan Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah ketika membacakan amanat KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI untuk mempercepat program vaksinasi nasional ke seluruh wilayah Indonesia, sebagai bentuk nyata kesiapan kekuatan Angkatan Laut yang siap dioperasionalkan atau Operational Ready Force.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan cara vaksinasi, dimana ini merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh guna memutus rantai penularan COVID-19.

“Pada hari ini kita melepas 220 tenaga kesehatan TNI AL, yang merupakan satgas serbuan vaksinasi maritime COVID-19 ke daerah aglomerasi Bogor dan Tangerang. Untuk itu sudah menjadi tugas kita, TNI Angkatan Laut yang merupakan bagian integral dari komponen utama pertahanan Negara untuk terus mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan percepatan dan peningkatan program vaksinasi guna mempercepat pencapaian herd immunity menuju Indonesia yang sehat dan bebas dari COVID-19,” kata Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Selasa, 19 Oktober 2021.

“Saya berharap kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan salah satu implementasi pengabdian TNI yang dapat secara langsung menyentuh masyarakat. Serta dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan rakyat Indonesia terutama di wilayah aglomerasi Bogor dan Tangerang,” tambahnya.