Kepala Disabet Parang, Warga Papua Ditolong Prajurit Garuda Merah TNI

VIVA Militer: Luka sabetan pedang warga Papua yang ditolong prajurit TNI
Sumber :
  • tniad.mil.id

VIVA – Peristiwa nahas menimpa Lukas Watae, warga Kabupaten Keerom, Papua. Darah mengucur deras dari kepala pria berusiaa 37 tahun itu, akibat luka sabetan parang. Beruntung, Lukas mendapat pertolongan dari prajurit TNI Angkatan Darat.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Darat, Lukas terlibat perkelahian dengan dua orang tak dikenal saat sedang berada di kebunnya. Akibat keributan itu, Lukas mengalami luka sabetan parang di sisi kiri kepalanya. 

Hal tersebut dijelaskan oleh Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista (Yonif Mekanis 403/WP), Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, Selasa 19 Oktober 2021.

TNI Berduka, Provost Terbaik Pasukan Garuda Merah Kodam Diponegoro Meninggal Dunia

Mengalami luka yang cukup lebar, keluarga korban yang diketahui bernama Martin Watae langsung membawa korban ke Pos Komando Kompi (Poskoki) Yuruf Kompi Tempur (Kipur) 1 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/WP.

Menurut penjelasan Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, korban Lukas Watae mengalami luka robek sepanjang 9 cm di sisi kiri kepalanya dengan kedalam 1 cm. 

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

VIVA Militer: Prajurit Yonif Mekanis 403/WP menolong warga Papua

Photo :
  • tniad.mil.id

Untuk menutup luka Lukas, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/WP menjahit luka korban kurang lebihs sekitar 12 jahitan.

Dalam sejumlah foto yang diunggah di akun Instagram resmi TNI Angkatan Darat, tampak kondisi luka Lukas Watae sudah berhasil dijahit. Perawatan yang dilakukan oleh prajurit TNI dari Yonif Mekanis 403/WP dilakukan sukarela, dan sama sekali tidak dipungut biaya.

Sebagai informasi, Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista merupakan satuan tempur infanteri motoris yang menjadi bagian dari Komando Resor Militer (Korem) 072/Pamungkas, Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro).

Berdiri pada 1 Agustus 1965, Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bermarkas di Sleman, Yogyakarta. Yonif Mekanis 403/WP dikenal dengan julukan Pasukan Garuda Merah, sesuai dengan lambang satuan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya