Manuver Kapal Perang TNI AL Jadi Perhatian Komandan MTF UNIFIL Lebanon

VIVA Militer: MTF Commander saksikan manuver KRI SIM-367 di Laut Mediterania
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris unjuk kebolehan di Laut Mediterania.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

KRI Sultan Iskandar Muda-367 telah membuktikan kemampuan dan profesionalismenya dalam menjalankan operasi di wilayah perairan Internasional.

Tidak tanggung-tanggung, kemampuan manuver KRI SIM-367 itu ditunjukkan di hadapan Rear Admiral Andreas Markus Mugge (MTF COMMANDER) dari atas Kapal Perang Negara Jerman.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Untuk diketahui, manuver KRI Sultan Iskandar Muda-367 itu dilakukan dalam sesion latihan Seamanex (Sea Maneuvering Exercise), Photoex (Photo Exercise), dan Flashex (Flash Exercise) yang digelar di Laut Mediterania, Lebanon pada hari Rabu, 20 Oktober 2021 kemarin.

Tidak hanya kapal perang Jerman saja yang ikut terlibat dalam latihan gabungan oleh Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL itu. Sejumlah kapal perang negara lain pun ikut terlibat pula dalam latihan gabungan tersebut, diantaranya adalah Kapal Perang Angkatan Laut Bangladesh, dan Kapal Perang Angkatan Laut Yunani.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

VIVA Militer: KRI Sultan Iskandar Muda-367 latihan di Laut Mediterania

Photo :
  • Dispenal

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono menjelaskan, yang dilakukan oleh kapal perang KRI Sultan Iskandar Muda-367 di Laut Mediterania itu merupakan salah satu bentuk latihan bersama yang bersifat rutin dengan melibatkan Angkatan Laut negara-negara sahabat.

Bahkan, menurut Kadispenal, latihan tersebut terjadwal perminggu dan telah tertuang dalam Weekly Training Schedule maupun latihan yang sifatnya bilateral saat kapal singgah di Mersin, Turki.

"Ini rutin, latihan itu dilaksanakan untuk terus mengasah profesionalisme prajurit, mengasah responsibilitas satuan terhadap wilayah operasi," kata Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, Kamis, 21 Oktober 2021.

Baca: Siap-siap, 4000 Prajurit TNI AL Akan Serbu Pulau Dabo Singkep

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya