38 Menit Pulau Jawa Diguncang Tiga Gempa, TNI Waspadalah

VIVA Militer: Jawa
Sumber :

VIVA – Tiga gempa bumi baru saja mengguncang Pulau Jawa secara beruntun.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Berdasarkan pantauan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey, USGS) dilansir VIVA Militer, Jumat 22 Oktober 2021, tiga gempa beruntun terjadi hanya dalam kurun waktu 38 menit saja.

Gempa pertama terjadi pukul 09:21 WIB. Dengan magnitude 5.3. USGS mendeteksi pusat gempa berada di lautan pada koordinat 8.779°S 112.522°E

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

atau sekitar 67 kilometer selatan Dampit, Malang, Jawa Timur.

Gempa ini diprediksikan tidak memicu gelombang tsunami, karena pusatnya cukup dalam di kedalaman 80 kilometer.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Lalu, pada pukul 09:39 WIB, gempa kembali guncang Pulau Jawa. Magnitudenya 4.6. Pusat gempa terdeteksi berada di titik koordinat 9.229°S 110.382°E atau sekitar 141 kilometer selatan wilayah Pundong, Bantul, Yogyakarta.

Selanjutnya, 10 menit kemudian tepatnya pukul 09:59 WIB, Pusat Gempabumi Regional VII Stasiun Geofisika Sleman melaporkan telah terjadi gempa dengan magnitude 3.1.

Pusat gempa berada di lautan 106 kilometer barat daya Kabupaten Gunungkidul pada kedalaman 10 kilometer.

Atas kejadian tiga gempa beruntun ini, militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) diharap waspada. Karena bencana gempa setiap saat bisa terjadi dengan magnitude yang mungkin lebih besar sehingga mengancam keselamatan prajurit TNI dan rakyat.

Perlu diketahui, selama ini TNI merupakan garda terdepan dalam penanganan bencana alam di Indonesia, yang terbaru prajurit TNI dikerahkan menanggulangi dampak gempa Bangli, Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya