2 Jenderal Kopassus Bertemu di Papua, Ada Apa?

VIVA Militer: Pangdam XVII/Cenderawasih (kiri) dan Pangdam IV/Diponegoro
Sumber :
  • tniad.mil.id

VIVA – Sebuah momen istimewa terjadi di Markas Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih (Makoda XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin 25 Agustus 2021. Ya di sana lah dua orang jenderal berdarah satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berjumpa.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Kodam XVII/Cenderawasih, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, menyambut hangat kedatangan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto.

Setelah disambut kedua Panglima Kodam berbincang di Ruang Cycloops, Makodam XVII/Cenderawasih. Selain mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Rudianto menyampaikan kedatangannya adalah untuk mempererat kerjasama dan tali silaturahmi dengan Kodam XVII/Cenderawasih.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Kemudian, Pangdam IV/Diponegoro juga menyatakan bahwa kedatangannya ke Kodam XVII/Cenderawasih adalah untuk mengunjungi para prajurit dari satuan Kodam IV/Diponegoro, yang tengah menjalankan tugas di wilayah Papua.

Pangdan IV/Diponegoro akan memberikan semangat dan motivasi kepada para prajurit, agar di masa mendatang bisa menjalankan tugas dengan lebih baik lagi.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

VIVA Militer: Mayjen TNI Rudianto (kiri) dan Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Photo :
  • tniad.mil.id

Perlu diketahui, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyoni dan Mayjen TNI Rudianto adalah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat, yang berasal dari satuan elite Kopassus. 

Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono merupakan senior Mayjen TNI Rudianto, yang lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) 1988.

Sejumlah jabatan di Kopassus pernah diduduki Yogo, diantaranya adalah Komandan Batalyon (Danyon) 13 Grup 1/Kopassus dan Perwira Bantuan Madya Seksi Intelijen Kopassus (Pabdandya Sintel Kopassus).

Sementara itu, Rudianto merupakan adik angkatan Yogo yang lulus AKABRI pada 1989. Seperti halnya Yogo, Rudianto juga pernah menghabiskan masa dinas di Korps Baret Merah. Beberapa jabatan yang pernah didudukinya adalah Danyon 11 Grup 1/Kopassus dan Komandan Grup (Dangrup) 1/Kopassus.

Perlu diketahui, Yogo dan Rudianto sama-sama pernah menduduki jabatn yang sama di Kopassus. Ya, kedua jenderal bintang dua itu pernah menjadi Wakil Asisten Operasi Komandan Jenderal Kopassus (Waasops Danjen Kopassus).  

Yogo ditunjuk menjadi Asops Wadanjen Kopassus hanya beberapa bulan saja pada 2008 silam. Setelah Yogo didapuk menjadi Atase Pertahanan Republik Indonesia (Athan RI) di Phnom Penh, Kamboja, Rudianto kemudian dipercaya menjadi penggantinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya