Sudi Silalahi, Jenderal TNI Tangan Kanan SBY Pernah Dapat 5 Bintang

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn) Sudi SIlalahi bersama Presiden RI ke-6, SBY
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA – Kabar duka kembali datang dari salah satu tokoh militer Indonesia. Mantan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia (Mensekneg RI) Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi dikabarkan tutup usia setelah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Jenderal Bintang Tiga TNI Angkatan Darat yang dikenal sebagai 'Tangan Kanan' Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono itu tutup usia pada Senin malam, 25 Oktober 2021, pukul 23.23 WIB karena sakit.

Rencananya Almarhum Letjen TNI Sudi Silalahi akan dimakamkan pada siang hari ini di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan dengan upacara militer.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Dalam perjalanan karir militernya, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi tercatat pernah menjabat sejumlah posisi strategis. Pria lulusan Akabri tahun 1972 itu tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Assospol Kasospol ABRI pada tahun 1996-1997. Kemudian, di masa gerakan reformasi tahun 1998, Letjen TNI Sudi Silalahi sempat menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Jaya. Selang beberapa lama, pada  bulan Oktober tahun 1998, dia langsung dipercaya untuk menduduki posisi Askomsos Kaster ABRI.

Karir militer pria kelahiran Pematang Siantar tahun 1949 itu tidak berhenti sampai di situ. Pada Tahun 1999, dia semakin melesat dan memegang tongkat komando di wilayah Jawa Timur sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Usai menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya, pada bulan Oktober 2021, Letjen TNI Sudi Silalahi mendapatkan tugas khusus untuk menjabat sebagai Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolkam RI) mendampingi Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu ditunjuk sebagai Menkopolhukam RI oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Mulai dari situ kedekatan Sudi Silalahi dan SBY semakin dekat. Ketika SBY menjabat sebagai Presiden RI ke-6 tahun 2009-2014, Sudi Silalahi pun tetap dipercaya untuk menjabat sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Hingga pada kepemimpinan Presiden SBY di periode 2014-2019 pun, Sudi Silalahi tetap dipercaya berada disamping SBY dengan menjabat Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg RI).

Karena pengabdianya selama berkarir di dunia militer dan pemerintahan, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi tercatat telah memperoleh sejumlah Bintang Tanda Jasa selama kariernya, diantaranya, Bintang Mahaputra Adi Pradana yang diberikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2013 silam.

Bintang Mahaputra Adi Pradana merupakan sebuah penghargaan untuk mereka yang berjasa besar di suatu bidang atau peristiwa tertentu yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan, dan kebesaran bangsa dan negara.

Selain itu, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi juga tercatat pernah mendapatkan Tanda Kehormatan lainnya, yaitu Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya