Demi Anak Buah, Jenderal Kopassus Rela Terobos Hutan Bahaya OPM

VIVA Militer: Mayjen TNI Rudianto datangi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP
Sumber :
  • Instagram/@kodam_diponegoro

VIVA – Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rudianto, tiba di Pos Kout, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa 26 Oktober 2021. Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (Pangdam IV/Diponegoro) itu mengunjungi pasukannya yang tengah menjalankan tugas di Bumi Cenderawasih.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Mayjen TNI Rudianto sebelumnya sempat bertemu dengan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, di Markas Kodam (Makodam) XVII/Cenderawasih, Senin 25 Oktober 2021.

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmo Kodam IV/Diponegoro, kedatangan Pangdam IV/Diponegoro adalah dalam rangka Pengendalian dan Pengawasan Operasi (Dalwaops), Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista (Yonif Mekanis 403/WP).

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Selain meninjau langsung sejauh mana Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP menjalankan tugas di medan operasi, kunjungan ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian pimpinan kepada anak buahnya. 

Sebab, bukan perkara mudah menjaga keamanan perbatasan RI-PNG dan utamanya menjaga keamanan dan ketertiban di Papua. 

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

VIVA Militer: Pangdam IV/Diponegoro kunjungi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP

Photo :
  • Instagram/@kodam_diponegoro

Seperti yang diketahui, seorang anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM), September 2021 lalu. Pahlawan bangsa itu tak lain adalah Prada (Anumerta) Ida Bagus.

"Laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, dedikasi yang tinggi dan rasa bangga. Bantu setiap masyarakat di wilayah perbatasan ini, yang mengalami kesulitan dengan tulus dan ikhlas," tegas Mayjen TNI Rudianto.

Kedatangan Pangdam IV/Diponegoro disambut baik oleh para anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanins 403/Wirasada Pratista. Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/WP, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, merasa bangga pasukannya bisa dikunjungi dan mendapat arahan langsung dari pimpinan.

"Pengarahan yang telah diberikan akan menjadi sumber motivasi serta semangat bagi kami, dalam melaksanakan tugas sampai dengan selesai," ujar Letkol Inf Ade Pribadi Siregar.

Sebagai informasi, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista diberangkatkan ke Papua sejak Februrari 2021. Satuan Tempur Infanteri Mekanis Motoris ini berada di bawah kendali Komando Resor Militer 072/Pamungkas (Korem 072/Pamungkas), Pangdam IV/Diponegoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya