Gelegar Serangan Mortir Pasukan Banteng Loreng TNI Hujani Sasaran

VIVA Militer: Anggota Yonif 405/Surya Kusuma menembakkan mortir
Sumber :
  • Instagram/@405_banteng_loreng

VIVA – Sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat dari Batalyon Infanteri 405/Surya Kusuma (Yonif 405/SK), menembaki sasaran dengan tembakan mortir. Satuan Infanteri Tempur yang dikenal dengan julukan Banteng Loreng, mengerahkan tiga jenis senjata mortir andalannya.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Serangan prajurit Yonif 405/Surya Kusuma dilancarkan di Lapangan Tembak Yonif 405/Surya Kusuma, Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu 27 Oktober 2021.

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Yonif 405/Surya Kusuma, rentetan tembakan mortir dilancarkan dalam rangka latihan menembak senjata lintas lengkung. 

Gara-gara Judi, Pagi-pagi Prajurit Pasukan Banteng Loreng Mendadak Dirazia Intel TNI

Dalam latihan kali ini, prajurit Yonif 405/Surya Kusuma menggunakan tiga jenis senjata mortir andalannya. Ketiga senjata mortir yakni, Mortir 81, Mortir Commando, dan Longrange/Tampela.

Latihan menembak senjata lintas lengkung merupakan program yang komando atas, dalam hal ini Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna (Brigif 4/DR), Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (Kodam IV/Diponegoro).

Tangis Haru Masyarakat Papua Lepas Kepulangan Prajurit Yonif 405/SK ke Tanah Jawa

VIVA Militer: Anggota Yonif 405/Surya Kusuma menembakkan mortir

Photo :
  • Instagram/@405_banteng_loreng

Sebagai informasi, Yonif 405/Surya Kusuma dibentuk pada 28 Oktober 1953. Yonif 405/Surya Kusuma dikenal dengan julukan Banteng Loreng, sebab pada 1949 pasukan ini bernama Yon Banteng Loreng IV-Brig 8/Divisi III Gunung Jati.

Salah satu medan tempur yang pernah dirasakan oleh Yonif 405/Surya Kusuma adalah Operasi Seroja Timor-Timur (sekarang Timor-Leste). 

Dikutip VIVA Militer dari buku Hari H: 7 Desember 1975, disebutkan bahwa Yonif 405/Surya Kusuma adalah salah satu pasukan awal yang dikerahkan ke Timor-Timur bersama satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya