KSAL Bangun Tempat Ibadah Umat Hindu di Tepi Danau Kodamar TNI AL

VIVA Militer: KSAL letakan batu pertama pembangunan Pura di Kodamar TNI AL
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini menghadiri peletakan batu pertama pembangunan tempat ibadah Pura yang terletak di Komplek Kodamar Lantamal III TNI Angkatan Laut, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Kedatangan orang nomor satu di lingkungan TNI Angkatan Laut itu disambut oleh Tarian Bali dan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq dan sejumlah Panglima Komando Utama (Pangkotama) Angkatan Laut, serta pejabat Mabesal lainnya.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, pembangunan rumah ibadah  bagi umat Hindu di Komplek Kodamar Lantamal III Jakarta itu tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga besar TNI Angkatan Laut saja, tapi tempat ibadah yang dibangun persis di tepi Danau Kelapa Gading itu nantinya akan diperuntukkan bagi seluruh masyarakat umat Hindu yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

"Pembangunan Pura ini sengaja kita dirikan di tepi danau dan samping Balai Samudera. Jadi meski letaknya di dalam Komplek Kodamar TNI Angkatan Laut, masyarakat umum bisa juga menggunakan fasilitas rumah ibadah ini untuk beribadah, masuk melalui Balai Samudera ini," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, Selasa, 2 Nopember 2021.

Pembangunan Pura kemudian ditandai dengan peletakan batu pertama dan penanaman pohon beringin oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan penanaman pohon cempaka oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono. 

Arus Balik Lebaran, Ratusan Pemudik dan Sepeda Motor Tiba di Jakarta Naik Kapal Perang TNI AL

"Saya sengaja memilih tempat pembangunan rumah ibadah ini di tepi Danau, karena saya tau orang Bali itu sangat peduli dengan pelestarian lingkungan. Jadi saya titip juga Danau dan pohon-pohon yang ada di lingkungan Kodamar ini agar tetap dijaga agar suasana Pura juga tetap asri dan terjaga," ujar Kasal.

VIVA Militer: KSAL letakan batu pertama pembangunan Pura di Kodamar TNI AL

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Masih di tempat yang sama, usai meresmikan pembangunan Pura,  Laksamana TNI Yudo Margono kemudian meninjau serbuan vaksinasi yang digelar Diskes Lantamal III Jakarta. 

Serbuan vaksinasi yang dilakukan jajaran Lantamal III Jakarta itu yang menghadirkan para pelajar dari Subang, Jawa Barat dan pelajar di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara mendapatkan apresiasi dari Laksamana TNI Yudo Margono.

Menurut Kasal, serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dalam mensasar masyarakat pesisir, nelayan, dan daerah terpencil yang dilakukan sejak bulan Juni 2021 lalu, sebenarnya sudah melebihi target. Namun, karena perintah Presiden RI Joko Widodo bahwa masih ada beberapa wilayah yang masih belum tersentuh vaksin, maka TNI Angkatan Laut hingga saat ini berkomitmen akan terus melakukan serbuan vaksinasi hingga target Herd Immunity masyarakat terbentuk.

"Jadi serbuan vaksinasi yang kita lakukan ini adalah vaksin kedua bagi putra-putri SMA dari Subang yang dulu vaksinasi pertama juga kita pernah lakukan di Subang. Dan vaksinasi ini juga untuk menyelesaikan vaksinasi untuk masyarakat pendatang di wilayah Jakarta Utara. Walaupun di Jakarta capaian vaksinasi sudah mencapai 110 persen, kemudian untuk masyarakat pendatang yang berada di Jakarta Utara sendiri sudah mencapai 85 persen. Tentunya kita akan melaksanakan penyapuan dengan serbuan vaksinasi maritim secara serentak. Mudah-mudahan dengan ini bisa dapat kita tuntaskan," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya