Gemuruh Tank Leopard dan Pasukan Kostrad Bergerak Siap Perang

VIVA Militer: Tank Leopard dan prajurit Kostrad bergerak dan siap kontak
Sumber :
  • Instagram/@penkostrad

VIVA – Sejumlah unit tank MBT Leopard 2 dan ratusan prajurit TNI Angkatan Darat melakukan Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK). Dengan senjata lengkap, para prajurit Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) bergerak menuju Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel).

BI Sediakan Rp13 Miliar Kas Keliling di 5 Pulau Terluar Papua

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi Kostrad, deretan unit tank Leopard 2 berasal dari Kompi Batalyon Kavaleri 1/Kostrad Main Battle Tank (MBT), atau Kikav MBT 1/Kostrad.

Dipimpin oleh Lettu Kav Derry Harnanda Putra Jati, tank-tank Leopard 2 TNI Angkatan Darat bergerak dari Titik Bongkar (TB) menuju Daerah Persiapan (DP). 

Perkuat Pertahanan NKRI, TNI AL Berencana Bangun Pangkalan Kapal Selam di Tiga Armada

Tak sendirian, pergerakan juga dilakukan oleh pasukan dari satuan Infanteri, Artileri Medan (armed), Artileri Pertahanan Udara (arhanud), Zeni, Polisi Militer (PM) dan sejumlah pasukan dari satuan lain.

Sebagai informasi, seluruh pasukan dikerahkan dalam satu kesatuan Brigade Infanteri Raider 13/Kostrad (Brigif Raider 13/Kostrad) atau Brigif Raider 13/Galuh. 

KSAL Muhammad Ali: Idealnya Kita Punya 12 Kapal Selam untuk Jaga Wilayah Perairan Indonesia

VIVA Militer: Iring-iringan tank leopard TNI Angkatan Darat

Photo :
  • Instagram/@penkostrad

Seluruh pasukan akan mengikuti latihan puncak TNI Angkatan Darat, yang bertajuk Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha 2021 (Latancab Kartika Yudha 2021).

Danki Yonkav 13/Kostrad menegaskan, aksi pasukan Brigif 13/Kostrad melakukan Gerak Maju Untuk Kontak adalah untuk meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit Yonkav 1/Kostrad, dalam mengatasi gangguan dan rintangan dari musuh yang ingin berusaha mengganggu.

"Inilah bukti bahwa NKRI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi oleh siapapun. Demi keutuhan dan kedaulatan bangsa dan negara Republik Indonesia prajurit-prajurit TNI siap mempertaruhkan jiwa dan raga," tegas Lettu Kav Derry Harnanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya