Nasib Serupa Dua Jenderal TNI, Andika Perkasa dan Gatot Nurmantyo

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Jenderal Andika Perkasa
Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Jenderal Andika Perkasa
Sumber :
  • Instagram @nurmantyo_gatot

VIVA – Pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-21 hanya tinggal hitungan hari. Andika akan segera menduduki jabatan tertinggi di jajaran TNI, menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kepastian Andika bakal jadi Panglima TNI yang baru menyusul persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), yang digelar Senin 8 November 2021 lalu. Sementara itu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menyatakan akan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) itu sebagai Panglima TNI pekan depan.

Sepanjang era jabatan Panglima TNI (sebelumnya Panglima ABRI), ada empat Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang berhasil mencapai puncak karier. Keempat Pati TNI Angkatan Darat itu adalah Jenderal TNI Endriartono Sutarto, Jenderal TNI Djoko Santoso, Jenderal TNI Moeldoko dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Itu berarti, Andika adalah Pati TNI Angkatan Darat kelima yang berhasil menyegel posisi Panglima TNI.

Dirangkum VIVA Militer dari berbagai sumber, ternyata ada sebuah fakta yang mengaitkan nama Gatot Nurmantyo dan Andika Perkasa. Ya, keduanya memiliki jalur yang sama dala perjalanan menuju kursi Panglima TNI. Lantas, apakah kesamaan nasib Andika dan Gatot?

Yang pertama, Andika dan Gatot sama-sama pernah menjabat Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Dankodiklatad). Gatot memimpin Kodiklatad mulai 2011 hingga 2013. Sementara Andika hanya beberapa bulan saja menjadi Dankodiklat pada 2018 lalu.

VIVA Militer: Andika Perkasa saat menjadi Pangkostrad

VIVA Militer: Andika Perkasa saat menjadi Pangkostrad

Photo :
  • kostrad.mil.id
Halaman Selanjutnya
img_title