Perjalanan Karier Militer Letjen TNI Dudung Sebelum Resmi Jadi KSAD

VIVA Militer: Pangkostrad, Letjen TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Instagram/@penkostrad

VIVA Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah didapuk sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Pelantikan mantan Pangdam Jayakarta menjadi orang nomor satu di Matra Angkatan Darat itu dilakukan sesaat setelah Jenderal TNI Andika Perkasa diangkat sumpah oleh Presiden Jokowi untuk mengemban amanah besar menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa purna sebagai prajurit TNI.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Letjen TNI Dudung ketika mengikrarkan sumpah di hadapan Presiden RI Joko Widodo, Rabu, 17 November 2021.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Untuk diketahui, Letjen TNI Dudung Abdurachman merupakan salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988. 

Dia memiliki sederet pengalaman dalam karier militer. Pria kelahiran Bandung 55 tahun silam itu pernah menjabat posisi penting, diantaranya Wadan Yonif 410/Alugoro tahun 1998-1999, Wadan Yonif 401/Banteng Raider pada tahun 1999-2000. 

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya dan Dandim 0406/Musi Rawas, serta Dandim 0418/Palembang ketika masih berpangkat Letkol. 

Ketika berpangkat Kolonel, dia juga sempat menjabat sebagai Dandenma Mabes TNI. 

Karir militernya tidak berhenti sampai di situ saja. Ketika pecah bintang satu atau berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI, pria yang pernah menjadi loper koran itu menduduki sejumlah jabatan penting, Wakil Gubernur (Wagub) Akademi Militer (Akmil) di tahun 2015-2016, Staf Khusus Kasad, hingga Wakil Asisten Teritorial Kasad pada tahun 2017-2018.

Setelah menjabat Waaster Kasad, Dudung dapat promosi bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) dengan menjabat sebagai Gubernur Akmil sejak tahun 2018-2020. Setelah itu, dia didapuk sebagai Pangdam Jaya/Jayakarta pada tahun 2020-2021.

Satu tahun menjabat Pangdam Jaya, karier militer Dudung terus moncer. Dia dipercaya menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) pada Mei 2021 dan berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI menggantikan Letjen TNI Eko Margiyono.

Dan hari ini, Letjen TNI Dudung dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dengan demikian Dudung kini resmi menyandang  Bintang Empat atau Jenderal di jajaran TNI Angkatan Darat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya