Seram, Ini Tampang Pasukan Khusus Penjaga Nyawa Presiden di Priok

VIVA Militer: Pasukan Khusus TNI AL.
Sumber :
  • Koarmada I

VIVA – Jumat siang 19 November 2021, ada yang berbeda terlihat di Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitar Perairan Teluk Jakarta.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Ratusan prajurit militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan peralatan tempur dan persenjataan yang lengkap terlihat berkegiatan aktif. Baik di daratan sekitar pelabuhan maupun di perairan. Berbagai kendaraan tempur lalu lalang, mulai dari sea rider, kapal perang hingga helikopter.

Berdasarkan siaran resmi dari Komando Armada (Koarmada) I, TNI Angkatan Laut dilansir VIVA Militer, ratusan pasukan tempur itu didatangkan untuk Latihan Penyiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Pengamanan VVIP 2021.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Tak cuma itu saja, dalam kegiatan itu, TNI Angkatan Laut ternyata juga mengerahkan pasukan khusus mereka dari Komando Pasukan Katak (Kopaska).

VIVA Militer: Pasukan Khusus TNI AL.

Photo :
  • Koarmada I
Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Tujuan latihan adalah untuk menguji kesiapsiagaan Kotama Operasional TNI AL, Koarmada I dalam melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP sebagai bagian dari operasi militer selain perang," tulis Koarmada I.

Kopaska merupakan pasukan elite yang identitasnya sangat rahasia. Jangankan ingin tahu bagaimana kehidupan mereka, untuk tahu jumlah personel Kopaska saja sesuatu yang mustahil.

Pengamanan VVIP adalah kegiatan pengamanan terhadap objek orang-orang penting. Di Indonesia pengamanan VVIP paling umum diberlakukan dalam setiap kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, KH Maruf Amin. VVIP juga diberlakukan menyambut tamu-tamu negara terutama para kepala negara.

Kopaska sendiri merupakan pasukan khusus yang dibentuk Presiden Soekarno ketika menuntaskan masalah di Irian Jaya (Papua-red). Tugas pokok Kopaska cukup banyak, salah satunya anti sabotase alias anti-teror.

Personel Kopaska masuk dalam daftar pasukan khusus dunia yang memiliki penampilan sangar dan menyeramkan. Selama ini setiap personel Kopaska dilengkapi topeng hitam dengan gambar wajah tengkorak putih.

Baca: Mantan Pacar Jenderal TNI Andika Perkasa Muncul Berbaju Ungu di Mabes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya