Geger, Penyusup dari China Ditangkap TNI saat Curi Emas di Rimba Papua

VIVA Militer: Penyusup dari China yang ditangkap TNI.
Sumber :

VIVA – Prajurit militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru saja melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang yang diduga telah melakukan pencurian harta kekayaan alam Papua.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Berdasarkan siaran resmi dari Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih dilansir VIVA Militer, Senin 22 November 2021, ada enam orang pelaku pencuri yang diringkus prajurit TNI.

Mereka ditangkap di rimba di Kampung Sewa, Distrik Wapoga, Kabupaten Waropen, Papua, saat sedang asyik menambang emas dari alam.

Hubungan Memanas, 5 Orang Tak Dikenal Terobos Masuk Kedutaan Iran di Swedia

Yang tak disangka-sangka ialah, ketika prajurit TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1709-03/Warbah, Kodim 1709/Yawa tiba di lokasi, ternyata pelaku bukan orang asli Papua, dan juga orang Indonesia.

Jadi pasukan yang dipimpin Sersan Mayor Dedy Setiawan pelaku pencuri harta kekayaan alam Papua yang ditangkap itu warga China. Dan mereka menyusup ke Indonesia tanpa dibekali dokumen apapun.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

"Setelah diamankan dan diperiksa, enam WNA asal China itu tidak memiliki tanda pengenal dan dokumen resmi dari negara asalnya," kata Komandan Kodim 1709/Yawa, Letnan Kolonel Infanteri Leon Pangaribuan.

Dalam pemeriksaan didapati identitaas keenam orang China itu, mereka masing-masing bernama Ge Junfeng (48 Tahun), Lein Feng (37 Tahun), Yan Gangping (41 Tahun), Tan Liguo (54 Tahun), Tan Lihua (58 Tahun) dan Lu Huacheng (38 Tahun).

"Proses selanjutnya akan kami kawal untuk diberangkatkan ke Korem 173/PVB dan dilanjutkan penyerahan prosesnya kepada Kantor Keimigrasian Biak," kata Letkol Leon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya