Ini Profil Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Danjen Kopassus yang Baru

VIVA Militer: Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa ketika menjabat Danrem 161/WS
Sumber :
  • Instagram @korem_161_wirasakti

VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pada tanggal 17 November 2021 lalu telah menerbitkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Dalam surat tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan rotasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI, salah satunya adalah Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Mohammad Hasan. 

Jenderal Bintang Dua TNI Korps Baret Merah itu dimutasi ke Aceh untuk menempati posisi baru sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) menggantikan Mayjen TNI Achmad Marzuki yang ditunjuk oleh Panglima TNI untuk menjabat sebagai Aster Kasad.

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Sementara, posisi Danjen Kopassus saat ini ditempati oleh Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang sebelumnya menjabat sebagai Dosen Tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Untuk diketahui, Mayjen TNI Teguh Muji bukan sekedar seorang Dosen Tetap Unhan semata. Dia adalah Pati TNI yang dibesarkan oleh pasukan elit TNI Angkatan Darat, Korps Baret Merah atau Kopassus.

Satgas Yonif 623/BWU TNI AD Gandeng Chef Bobon Gelar Makan Makan Besar di Daerah Rawan Papua

Pria kelahiran 11 Juni 1967 itu merupakan Pati TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987 dari kecabangan Infanteri Kopassus.

Mayjen TNI Teguh memiliki sederet pengalaman dalam karier militernya. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Penerangan Kopassus pada tahun 2010-2011, kemudian pada tahun 2011-2013, Teguh dipercaya untuk menduduki jabatan Asintel Danjen Kopassus, kemudian pada tahun 2013-2014, dia kembali mendapatkan promosi untuk menempati jabatan Asintel Kodam V/Brawijaya. 

Tidak hanya sampai, karier militer Mayjen TNI Teguh Muji terus melesat. Pada tahun 2016 dia dipercaya sebagai menduduki Wadanjen Kopassus. Kemudian, tahun 2017 dia kembali diangkat untuk menjabat Danrem 171/Wira Sakti. Satu tahun menduduki posisi Danrem Wira Sakti, Teguh Muji kemudian diangkat menjadi Kasdam IV/Diponegoro hingga tahun 2020.

Karirnya pun tidak berhenti sampai di situ. Setelah menjabat Kasdam IV/Diponegoro, dia kembali dipromosikan untuk menempati sejumlah jabatan, yaitu Perwira Staf Ahli Tingkat II Kasad Bidang Was Eropa dan Amerika di tahun 2019 , dan Perwira Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Politik Keamanan Nasional pada tahun 2020. Terakhir, Teguh Muji kembali mendapatkan promosi sebagai Dosen Tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya