Kronologi TNI Sergap 6 Orang China yang Menyusup Ladang Emas Papua

VIVA Militer: Penyusup dari China yang ditangkap TNI.
Sumber :
  • Kodam XVII/Cenderawasih

VIVA – Prajurit militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah berhasil meringkus enam orang penyusup dari Republik Rakyat China di sebuah ladang penambang emas di pedalaman Papua.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Berdasarkan siaran resmi dari Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih dilansir VIVA Militer, Senin 22 November 2021, penangkapan terhadap enam orang penyusup dari China itu berlangsung pada 20 November 2021.

Kronologinya, menurut Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1709/Yawa, Letnan Kolonel Inf Leon Pangaribuan, ketika itu prajurit TNI yang bertugas di Komando Rayon Militer (Koramil) 1709-03/Warbah mendapatkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan sejumlah orang asing di lokasi ladang emas alam di Kampung Sewa, Distrik Wapoga, Kabupaten Waropen.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Usai mendapatkan informasi itu, prajurit TNI dipimpin Sersan Mayor Dedy Setiawan, mereka bergerak cepat menuju lokasi keberadaan warga asing tersebut.

VIVA Militer: Penyusup dari China yang ditangkap TNI.

Photo :
  • Kodam XVII/Cenderawasih
Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

Setiba di lokasi, ternyata informasi dari masyarakat itu benar adanya. Di tempat itu prajurit TNI menemukan enam orang penyusup dari China. Ketika ditemukan mereka sedang mencuri emas dari alam dengan cara menambang secara ilegal.

Saat disergap, keenam penyusup dari China itu tak memiliki dokumen apapun termasuk tanda pengenal. Bahkan mereka sama sekali tak bisa dan mengerti bahasa Indonesia.

"Setelah personel turun langsung ke lapangan dan mendapati ke enam orang WNA tersebut, dilanjutkan pemeriksaan. Namun warga asing tidak dapat menunjukkan tanda pengenal maupun dokumen resmi dari negara asalnya. Selanjutnya anggota membawa WNA tersebut untuk diamankan dan dimintai keterangan lebih lanjut di Wisma Cenderawasih," kata Letkol Inf Leon.

Baca: Ini Sosok Wanita Galak Anak Jenderal TNI Pemaki Ibunda Politikus PDIP

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya