Kencana Zero Four, Kisah Pasukan TNI Tantang Bahaya di Afghanistan

26 WNI di Afghanistan tiba di Indonesia setelah berhasil dievakuasi dari Kabul
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Di saat banyak orang melarikan diri dari Kabul, dikarenakan konflik yang melanda, sejumlah prajurit TNI Angkatan Udara malah masuk ke ibukota Afghanistan itu. Tanpa rasa takut, personel Skadron Udara 17 mendarat di Bandara Internasional Hamid Karzai, 18Agustus 2021 lalu.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara, personel Skadron Udara 17 Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma (Skadud 17 Lanud Halim Perdanakusuma), tiba di negara yang saat itu sudah dikuasai pejuang Taliban.

Misinya jelas, para prajurit TNI Angkatan Udara harus mengevakuasi 26 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan saat itu.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan sigap langsung membuat Tim Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi WNI di Afghanistan. Tim Satgas dipimpin oleh Asisten Inteljen Komando Operasi Khusus (Asintel Koopsus) TNI Kolonel Pas Dili Setiawan, dengan pilot Letkol Pnb Ludwig Bayu dan Mayor Pnb Mulyo Hadi.

Bukan perkara mudah melaksanakan proses evakuasi WNI di negara konflik itu. Faktanya, sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan membuat pemerintah Republik Indonesia (RI) pada akhirnya mengerahkan pesawat militer, dari rencana semula menggunakan pesawat sipil.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

VIVA Militer: Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyerahkan buku Kencana Zero Four

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau)

Tak hanya itu, usai mengerahkan pesawat Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara masalah belum usai. Izin mendarat pesawat sempat tertunda sebelum akhirnya berhasil didapat.

Ya, kisah heroik prajurit TNI Angkatan Udara itu tak hanya akan dikenang oleh para WNI yang dievakuasi dari Afghanistan. Tetapi, bangsa dan negara akan selalu mengingat jasa-jasa para prajurit TNI Angkatan Udara tersebut.

Kisah itu lah yang diabadikan dalam buku berjudul "Kencana Zero Four". Aksi heroik para prajurit TNI Angkatan Udara dalam misi evakuasi 26 WNI di Afghanistan dikisahkan secara mendetail dalam buku tersebut.

Dalam rilis yang diterima VIVA Militer dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menyerahkan secara simbolis buku "Kencana Zero Four" kepada Mayor Pnb Arief Rahman Hakim dan Letda Pnb Ajeng Tresna, mewakili Skadud 17 Lanud Halim Perdanakusuma.

Tak seperti biasanya, penyerahan simbolis buku "Kencana Zero Four" dilakukan Kasau di atas pesawat Boeing 737-400 Skadud 17 Lanud Halim Perdanakusuma.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya