KSAD Jenderal TNI Dudung Tuntaskan Janji ke Para Prajurit di Papua

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman temui Satgas Operasi di Papua
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Jenderal TNI Dudung Abdurachman ternyata memiliki janji sebelum dirinya dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 17 November 2021 lalu. Dia berjanji kepada para prajurit TNI Angkatan Darat, akan menemui anak buahnya yang saat ini tengah bertugas sebagai Satgas Operasi di Papua.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Jum’at, 26 November 2021, janji itu kini telah ditepati oleh KSAD. Satu minggu dilantik oleh Presiden Jokowi, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu melakukan kunjungan resminya ke Papua dan Papua Barat. Selama berada di Papua dan Papua Barat, Jenderal TNI Dudung bertemu dengan para prajurit yang tengah ditugaskan mengendalikan operasi di daerah rawan Papua dan Papua Barat.

“Ini adalah salah satu angan-angan saya apabila saya menjabat, saya akan melihat daerah operasi dan juga ingin tahu bagaimana kesulitan prajurit, bagaimana hambatan prajurit, bagaimana tantangan di lapangan," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa ketika memberikan pengarahannya di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Kamis, 25 November 2021 kemarin.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Orang nomor satu di Matra Angkatan Darat itu pun menegaskan kepada seluruh prajurit yang bertugas di Papua untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat Papua dan jangan sekali-sekali segan untuk turun membantu mengatasi masalah yang timbul.

“Cintai masyarakat Papua seperti layaknya kita mencintai diri sendiri dengan segala macam keterbatasan, TNI harus hadir seperti yang tertuang dalam salah satu perintah harian Kasad, apapun yang menjadi kebutuhan rakyat kita harus tahu," ujarnya.  

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Tidak hanya itu, di hadapan para prajuritnya, KSAD juga menekankan agar seluruh prajurit TNI Angkatan Darat dapat mempedomani Tujuh Perintah Harian Kasad, yang merupakan implementasi tentang Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI.

"Prajurit TNI AD harus selalu hadir di tengah masyarakat sekecil apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi terhadap kesulitan rakyat sehingga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan rakyat terhadap TNI AD," kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Bertolak ke Makassar

Usai mengunjungi prajurit TNI Angkatan Darat yang berada di Papua dan Papua Barat, KSAD pun langsung melanjutkan safarinya ke wilayah Indonesia Timur lainnya. Kamis sore kemarin, dia bersama rombongan langsung bertolak ke Makassar.

Kedatangan Kasad beserta rombongan di Makodam XIV/Hasanuddin disambut dengan jajar kehormatan dan tradisi adat penerimaan dari daerah Makassar, yang kemudian dilanjutkan dengan menerima paparan dari Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno di Ruang Bina Yudha Kodam XIV/Hasanuddin.

Selain mengunjungi Kodam XIV/Hasanuddin, Kasad beserta rombongan dijadwalkan akan mengunjungi prajurit TNI AD di Palu maupun  Poso yang menjadi salah satu daerah penugasan operasi TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya