Laksma TNI Singgih Mendadak Datangi Mako Lantamal XI Merauke, Ada Apa?

VIVA Militer: Danguskamla Koarmada III tiba di Mako Lantamal XI Merauke
Sumber :
  • Dispenal

VIVA Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III Sorong Laksma TNI Singgih Sugiarto mendadak datangi Markas Komando Pangkalan Utama Militer Angkatan Laut (Mako Lantamal) XI Merauke.

Bukan Fortuner, Nomor Pelat TNI yang Viral Ternyata Terdaftar untuk Pajero Sport

Dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Jenderal Bintang Satu TNI Angkatan Laut itu tiba pada hari Kamis, 25 November 2021 dengan menggunakan Pesawat udara milik TNI AL CN 235-220 MPA P-8302 dalam rangka Operasi Keamanan Laut Sektor Selatan.

Kedatangan Danguskamla di Sorong itu pun langsung disambut oleh Wadanlantamal XI didampingi para Asisten dan Dansatrol Lantamal XI Merauke.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Dalam kunjungannya itu, Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada III Sorong Laksma TNI Singgih Sugiarto menyempatkan meninjau dermaga Satrol Lantamal XI.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso mengungkapkan, kedatangan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada III Sorong Laksma TNI Singgih Sugiarto di Lantamal XI Merauke dalam rangka Operasi Keamanan Laut Sektor Selatan.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

"Itu merupakan hal lumrah dan rutin dilakukan, sebagai bentuk kerja sama dimana unsur operasi bekerja sama dengan unsur pangkalan dalam memberikan dukungan, pelayanan serta saling berbagi informasi guna tercapainya target operasi secara maksimal," kata Danlantamal XI Sorong, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, Jum'at, 26 November 2021.

Danlantamal XI menambahkan, wilayah laut Selatan Papua merupakan perairan Indonesia yang berbatasan sebelah timur dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG) dan bagian selatan berbatasan dengan negara Australia. 

"Wilayah itu sangat rawan terhadap tindak kejahatan di laut, maupun pelanggaran pelayaran oleh kapal-kapal yang melintas perairan tersebut, untuk itu di perlukan unsur operasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya pelanggaran tersebut," ujarnya.

Untuk diketahui, setelah mengunjungi Merauke, Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III Sorong Laksma TNI Singgih Sugiarto rencananya akan melanjutkan operasi sektor selatan ke daerah lain di jajaran Koarmada III guna memastikan kesiapan unsur pangkalan di sektor tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya