Eks Prajurit TNI Pengkhianat Negara Jadi Instruktur Perang OPM

VIVA Militer: Lucky Matuan alias Lukius, eks prajurit TNI yang membelot ke OPM
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Masing ingat dengan sosok Lucky Matuan, mantan prajurit TNI Angkatan Darat yang membelot menjadi anggota Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM)? Ya, ternyata saat ini Lucky alias Lukius punya peran penting di jajaran Tentara Nasional Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

VIVA Militer melaporkan dalam berita 16 April 2021, bahwa ada seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang dipastikan Kelana Yudha (kabur dalam tugas). Dia lah Lukius, sang pengkhianat yang tadinya mengabdikan diri bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Lukius diketahui adalah mantan anggota Batalyon Infanteri 410/Alugoro (Yonif 410/Alugoro) yang berada di bawah kendali Komando Resor Militer 073/Makutarama (Korem 073/Makutarama), Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (Kodam IV/Diponegoro).

Ketika Ratusan Pemotor Mudik Numpang Kapal Perang

Saat Kelana Yudha, Lukius yang berpangkat Prajurit Satu (Pratu) TNI ditugaskan di Papua, di bawah Bantuan Kendali Operasi (BKO) Yonif Raider 400/Banteng Raiders pada Agustus 2020 lalu.

Setelah berkhianat, ada kabar terbaru dari Lukius. Ternyata saat ini ia menjadi instruktur perang Komando Daerah Perang VIII Tentara Nasional Pembebasan Nasional Papua Barat (Kodam VIII TPNPB) Intan Jaya.

Ketua BEM UI Ngaku Dapat Intimidasi Usai Kritik TNI Langgar HAM di Papua

VIVA Militer: Pratu Lucky Matuan, prajurit TNI yang membelot jadi OPM

Photo :
  • Instagram/@luckymatuanlucky

Kabar bahwa Lukius menjadi instruktur perang KST OPM diungkap oleh Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom. Sebby menyatakan, Lukius angkat kaki dari kesatuan TNI Angkatan Darat dan bergabung dengan TPNPB karena mengikuti panggilan hati.

Selain itu, Sebby juga menyebut bahwa kepastian Lukius menjadi instruktur perang Kodam VIII TPNPB Intan Jaya sesuai dengan laporan yang diterima oleh Markas Pusat TPNPB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya