Gila, Begini Cara TNI AL Latih Prajurit Biar Tangguh di Medan Tempur

VIVA Militer: Prajurit TNI AL dilatih berenang dengan PDL lengkap di laut lepas
VIVA Militer: Prajurit TNI AL dilatih berenang dengan PDL lengkap di laut lepas
Sumber :
  • Dispen Koarmada III

VIVA – Prajurit Militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut memiliki cara tersendiri dalam melatih prajuritnya dalam menghadapi lawan di medan tempur. Dalam pertempuran, situasi dan kondisi medan sudah sangat sulit diprediksi. Sehingga, setiap prajurit TNI diharuskan memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi dan pikiran meski dalam keadaan genting sekali pun.

Seperti halnya yang dilakukan oleh jajaran Komando Koarmada (Koarmada)III Sorong ini. Panglima Koarmada III, Laksamana Muda (Laksda) TNI Irvansyah hari ini secara khusus menggelar lomba ketangkasan dan keterampilan prajurit TNI Angkatan Laut di dermaga Mako Koarmada III Katapop, Sorong, Papua Barat.

Lomba yang dibuka oleh Pangkoarmada III dalam rangka menyambut Hari Armada Republik Indonesia tahun 2021 itu tergolong sangat unik, seluruh prajurit TNI Angkatan Laut diwajibkan benar-benar melatih fisik dan keterampilannya dalam beberapa adu ketangkasan yang berimplikasi pada ketenangan hati setiap prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari.

Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah mengatakan, lomba dalam rangka menyemarakkan Hari Armada Republik Indonesia itu diikuti sebanyak sembilan tim. Tiap-tiap tim beranggotakan enam orang. Mereka akan dihadapkan enam problem solving yang tergolong cukup menantang.

"Peserta lomba diberangkatkan tiga gelombang yang dinilai berdasarkan problem solving, catatan waktu, dan kekompakan," kata Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah dalam keterangan resminya, Senin, 29 November 2021.

Problem solving yang pertama, lanjut Pangkoarmada III, para prajurit TNI Angkatan Laut itu mengawali lomba dengan cara berenang di laut sejauh 100 meter dengan berpakaian Dinas Lapangan (PDL) lengkap.

"Hanya prajurit yang memiliki fisik prima mampu menyelesaikian problem ini," ujarnya.