TNI Segera Kirim Pasukan Raider Ksatria Jaya ke Daerah Rawan Papua

VIVA Militer: Brigjen TNI Muhammad Zulkifli melepas pasukan Yonif Raider 142/KJ
Sumber :
  • tniad.mil.id

VIVA – Ratusan prajurit TNI Angkatan Darat yang tergabung dalam Batalyon Infanteri Raider 142/Ksatria Jaya (Yonif Raider 142/KJ), terus melakukan persiapan jelang menjalankan operasi di Papua.

Terungkap! Ini Alasan Anggota KKB Papua Bisa Pakai Senjata Api Buatan Pindad

Dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Darat, Komandan Komando Resor Militer 042/Garuda Putih (Danrem 042/Gapu), Brigjen TNI Muhammad Zulkifli, secara resmi melepas keberangkatan ratusan prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya untuk menjalani Latihan Pratugas di Markas Yonif 142/KJ, Rejang Lebong, Bengkulu, Senin 29 November 2021.

Dalam keterangan itu disebutkan, Yonif Raider 142/Ksatria Jaya akan diturunkan ke Papua sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan). 

Kenapa Banyak Anggota TNI Putuskan Berbelot Jadi Anggota KKB Papua? Alasannya Mengejutkan

Itu berarti dalam operasi nanti, bukan tak mungkin pasukan Yonif Raider 142/Ksatria Jaya akan berhadapan dengan anggota Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam amanatnya Danrem 042/Garuda Putih menegaskan, latihan merupakan bagian dari persiapan diri sebelum menjalankan misi utama. Sebab jika hanya berdiam diri seorang prajurit tidak bisa disebut sebagai prajurit terlatih.

Menguak 4 Alasan KKB Papua Ngotot Minta Merdeka Sejak Tahun 1960 Silam

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 142/KsatrianJaya

Photo :
  • tniad.mil.id

"Saya selaku Danrem yang bisa adalah merencanakan, menyiapkan dan mengawasi latihan, untuk riil di lapangan para rekan-rekan prajurit sekalian. Ini merupakan salah satu tugas dalam menyiapkan satuan untuk melaksanakan tugas operasi," tegas Brigjen TNI Muhammad Zulkifli.

Kemudian, Danrem 042/Garuda Putih juga kembali mengingatkan bahwa perintah menjalankan tugas adalah sebuah kehormatan bagi setiap prajurit TNI Angkatan Darat. Jika perintah menjalankan tugas sudah turun, maka setiap prajurit harus selalu siap.

Jenderal bintang satu TNI Angkatan Darat itu juga menyebut bahwa jika ada seorang prajurit yang tak berangkat tugas operasi adalah prajurit yang memiliki pemikiran kerdil.

"Dalam melaksanakan tugas kita harus menyiapkan segalanya, baik itu kesiapan mental anak, isteri, orang tua dan mental serta fisik kita sendiri. Kalau urusan mati itu sudah menjadi ketentuan dari Yang Maha Kuasa," ujar Danrem 042/Garuda Putih.

Sebagai informasi, Yonif Raider 142/Ksatria Jaya merupakan Satuan Tempur Infanteri yang berada di bawah kendali Korem 042/Garuda Putih, Komando Daerah Militer II/Sriwijaya (Kodam II/Sriwijaya).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya