Jenderal TNI Dudung: Yang Suka Ngancam-ngancam Biasanya Penakut!

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Instagram/@tni_angkatan_darat

VIVA – Jenderal TNI Dudung Abdurachman membuka sebuah fakta yang terjadi di jajaran TNI Angkatan Darat. Sepanjang lebih dari 30 tahun berdinas di TNI Angkatan Darat, Dudung menyebut banyak prajurit TNI yang banyak berkoar tapi penakut dalam perang.

Kedatangan Danjen USARPAC, Jenderal Maruli Tegaskan Akan Perkuat Kerjasama Dengan Militer AS

Seperti yang diketahui, jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1988 ini belum genap sebulan diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad). Makanya, nama jenderal bintang empat ini hangat diperbincangkan di mana-mana.

Setelah didapuk menjadi Kasad ke-33, Dudung langsung mengunjungi sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat yang tegah berada di medan operasi Papua dan Poso (Sulawesi Tengah). 

Sosok Jenderal Bintang 1 Kowad, Orang Kepercayaan KSAD Maruli Simanjuntak

Sebagai pimpinan tertinggi militer matra darat, Dudung ingin menyaksikan dan merasakan langsung apa yang dirasakan oleh anak buahnya. Ya, Dudung pernah terlibat dalam sejumlah pertempuran di Timor-Timur (sekarang Timor Leste) saat baru lulus dari AKABRI. 

Jadi, ia sangat memahami bagaimana rasanya menjadi seorang prajurit saat berada dalam prang. Hal tersebut diakui oleh Dudung saat berbincang di acara Podcast Deddy Corbuzier

13 Oknum TNI Terlibat Penyiksaan Anggota KKB Bakal Tersangka, Ditahan di Maximum Security

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Photo :
  • tniad.mil.id

"Saya pertama lulus Letnan Dua (Letda) tahun 1988, saya tujuh tahun di Timor-Timur perang kerjanya. Perang, tembak-tembakan. Masa, tidur di sana," ucap Dudung dikutip VIVA Militer dari Podcast Deddy Corbuzier.

Pengalaman tempur yang dimiliki oleh Dudung, menjadi sesuatu yang sangat berharga. Terutama dalam hal menempa keberanian sebagai seorang pemimpin. Oleh sebab itu, Dudung menyatakan bahwa ciri seorang pemimpin yang baik adalah berani mengambil risiko.

Pada 2020 lalu, Dudung yang masih menjabat Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) melakukan langkah berani menurunkan ratusan baliho liar milik organisasi kemasyarakatan (ormas) yang tersebar di sejumlah titik di Jakarta. 

Banyak yang memujinya. Tetapi, banyak pula yang mencibirnya. Ya, tapi itu lah risiko seorang pemimpin menurut Dudung. Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) itu menegaskan bahwa sama sekali ia tak peduli, apalagi gentar, saat banyak pihak yang mengancamnya.

Sepanjang pengalamannya menjadi seorang prajurit yang dikerahkan dalam pertempuran, tentu Dudung bertemu dengan banyak karakter prajurit. Salah satu yang dikatakan Dudung adalah karakter yang banyak berkoar mengancam musuh, tapi faktanya ketakutan saat berada di lingkaran perang.

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Photo :
  • tniad.mil.id

"Pemimpin itu cirinya satu, berani ambil keputusan. Kalau keputusan itu benar berarti itu bagus. Kalau salah masih bagus kalau tidak sama sekali," tutur Dudung.

"Jadi kita enggak perlu lah ngumpat-ngumpat orang, apalagi merasa tokoh agama tapi mulutnya enggak sesuai. Biasanya yang ngancam-ngancam gitu penakut itu. Biasanya di tentara juga ada yang wah koar-koar, tapi kalau perang takut dia," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya