Kodam Cenderawasih Dapat Rantis Baru untuk Gempur Teroris OPM

VIVA Militer: Pangdam XVII/Cenderawasih cek Rantis ILVS J-Forces Armores baru
VIVA Militer: Pangdam XVII/Cenderawasih cek Rantis ILVS J-Forces Armores baru
Sumber :
  • Pendam XVII/Cenderawasih

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat hingga saat ini masih terus memperbarui dan menambah kekuatan Alutsista militer mereka. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertahanan Republik Indonesia tidak berhenti untuk menambah kekuatan tempur militer nasional untuk mendukung tugas operasi para prajurit TNI di medan operasi.

Seperti halnya yang baru saja didapatkan oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih, Papua. Satuan keamanan wilayah TNI Angkatan Darat yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan di daerah yang konon rawan dari gerakan separatis bersenjata teroris OPM itu baru saja mendapatkan kekuatan baru, yaitu 67 unit kendaraan operasional yang dapat membantu pergerakan pasukan di wilayah Papua.

67 unit kendaraan operasional baru, yang terdiri dari tiga unit Kendaraan Taktis (Rantis) Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV) J-Forces Armored dan 64 unit kendaraan bermotor Honda CRF 150 L itu telah diserahkan secara langsung oleh Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono kepada seluruh jajaran komando teritorial yang ada dibawah Kodam XVII/Cenderawasih pada hari Selasa kemarin.

”Hari ini merupakan momen yang menggembirakan, sebab Kodam XVII/Cenderawasih kembali menerima Kendaraan Dinas hasil pengadaan TNI AD tahun 2021, yang mana pendistribusian kendaraan bermotor ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian dari pimpinan TNI AD kepada satuan jajaran TNI AD termasuk Kodam XVII/Cenderawasih untuk mendukung tugas pokok," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono seperti dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Pendam XVII/Cenderawasih, Rabu, 1 Desember 2021.

Lebih jauh lagi, Jenderal Bintang Dua yang dibesarkan Korps Baret Merah Kopassus itu memaparkan, 67 kendaraan tersebut nantinya akan diserahkan ke beberapa satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, di wilayah Jayapura 30 unit, Biak 4 unit, Nabire 20 unit, Timika 4 unit, Merauke 6 unit. "Dan untuk Kendaraan Taktis ILSV akan diberikan kepada Korem 172/PWY, Kodim 1705/Nabire dan Kodim 1710/Mimika," ujarnya.

Dengan dukungan tersebut, Pangdam Cenderawasih berpesan kepada seluruh prajurit agar kendaraan-kendaraan tersebut dapat digunakan, dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya dalam rangka mendukung tugas pokok satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

"Setelah saya serahkan kendaraan dinas ini, agar dirawat, dijaga, dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya sehingga akan memperpanjang usia pakai kendaraan," kata Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono di Lapangan Makodam XVII/Cenderawasih.