TNI AU Akan Pindahkan Pangkalan Militer dari Halim ke Bandung

VIVA Militer: KSAU tinjau kesiapan Skadron Move ke Lanud Husein Sastranegara
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara dalam waktu dekat ini akan memindahkan pangkalan militer Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Hal itu dilakukan karena Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma akan segera direvitalisasi. Revitalisasi Lanud Halim Perdanakusuma dilakukan untuk mendukung TNI Angkatan Udara dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan dari dan ke Lanud Halim Perdanakusuma.

Terkait dengan hal itu, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai penanggung jawab Matra Angkatan Udara telah mempersiapkan rencana Skadron Move atau pemindahan sementara pangkalan udara TNI Angkatan Udara. KSAU memilih Lanud Husein Sastranegara, Bandung sebagai pangkalan udara untuk menampung kekuatan tempur Matra Udara sebagai pengganti Lanud Halim Perdanakusuma.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan Udara (Dispenau), KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada hari Selasa, 30 November 2021 kemarin telah mengecek kesiapan Lanud Husein Sastranegara sebagai Skadron Move kekuatan tempur TNI Angkatan Udara sementara.

Skadron Move adalah fasilitas yang disiapkan untuk mengakomodir beberapa satuan kerja di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta yang akan ditempatkan sementara di Lanud Husein Sastranegara Bandung, menyusul revitalisasi Lanud Halim Perdanakusuma.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Untuk diketahui, revitalisasi yang akan dilakukan pada bulan Desember tahun ini di Lanud Halim Perdanakusuma akan berdampak pada Satuan-satuan yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, seperti Skadron Udara 31, Skadron Udara 2, dan Skadron Teknik 021. Oleh karena itu, tiga satuan TNI Angkatan Udara itu akan beroperasi di Lanud Husein Sastranegara, Bandung sementara waktu kedepan.

Dalam kunjungannya ke Lanud Husein Sastranegara, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sempat menerima pemaparan dari Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma. Danlanud Husein Sastranegara menjelaskan, bahwa seluruh fasilitas Skadron move di Lanud Husein Sastranegara siap operasional.

Usai mendengarkan pemaparan dari Danlanud Husein Sastranegara, Kasau dan sejumlah pejabat utama TNI Angkatan Udara yang meninjau lokasi Skadron Move juga menyempatkan diri melakukan peninjauan ke beberapa fasilitas penerbangan, gedung perkantoran, messing dan perumahan bagi personel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya