Pasukan Raider TNI Serang Pemberontak Gerakan Bali Merdeka

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama habisi musuh
VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama habisi musuh
Sumber :
  • kodam-udayana.mil.id

VIVA – Pasukan pemukul yang berada di bawah Komando Daerah Militer IX/Udayana (Kodam IX/Udayan), Batalyon Infanteri Raider 900/Satya Bhakti Wirottama (Yonif Raider 900/SBW), mendapat perintah untuk melancarkan serangan ke markas kelompok pemberontak/

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Kodam IX/Udayana, sejumlah prajurit satuan elite Baret Hijau bergerak ke Gilimanuk, sarang dari pemberontak yang menamakan diri Gerakan Bali Merdeka (GBM), Jumat 3 Desember 2021 dini hari WITA.

Sejumlah anggota separatis Gerakan Bali Merdeka disinyalir bersembunyi di tengah-tengah penduduk setempat. Selain itu, para pemberontak ini juga menguasai sejumlah instalasi vital semisal gudang logistik, baik senjata maupun amunisi.

Selama menjalankan misi selama tiga hari, pasukan Yonif Raider 900/SBW sempat mendapat hasil nihil. Baik materil maupun personel. Akan tetapi, pasukan di bawah pimpinan Letkol Inf Teguh Dwi Raharja ini berhasil melumpuhkan para pemberontak dan merebut sejumlah objek vital.

Dalam misi kali ini, Yonif Raider 900/SBW mengirim 270 prajurit yang berasal dari Kompi A, B, C, dan Kompi Bantuan. Kemudian, ada 35 prajurit yang berasal dari Kompi Markas Yonif Raider 900/SBW.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama

Photo :
  • kodam-udayana.mil.id

Aksi para prajurit TNI Angkatan Darat itu merupakan skenario kegiatan Latihan Pertempuran Kota (Purkota) yang digelar mulai 1-3 Desember 2021. Perlu ditegaskan, kelompok separatis (insurjen) Gerakan Bali Merdeka (GBM) merupakan organisasi fiktif yang masuk dalam skenario latihan.