Sosok Ulama Pengungkap Kisah Jenderal TNI Dudung Islamkan Satu Kampung

VIVA Militer: Habib Husein dan Jenderal TNI DA
Sumber :

VIVA – Sebuah kisah hidup dari tokoh militer Tentara Nasional Indonesia, Jenderal TNI Dudung Abdurachman baru saja diungkapkan seorang ulama kondang.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kisah hidup Jenderal TNI Dudung yang kali ini bukan cuma tentang karier militernya, tapi tentang cerita sang jenderal kelahiran Bandung, Jawa Barat itu yang telah membuat warga satu kampung di Timor-timur mendadak bertobat dan menjadi mualaf, karena memutuskan untuk memeluk Agama Islam.

Tak tanggung-tanggung, ada sebanyak 150 orang non-Muslim yang kala itu diislamkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) tersebut.

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Kisah dahsyat Jenderal TNI Dudung itu diungkapkan Habib Husein Baagil. Semua kisah Jenderal TNI Dudung mengislamkan 150 orang itu secara tak sengaja diketahui saat Habib Husein mendampingi KSAD berkunjung ke beberapa daerah.

"Saya saksi hidup, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, ada lima orang perwakilan dari orang-orang Timor (Timor-timur) menemui KSAD. Saya tanya 'Anda siapa pak,?'. 'Saya anak-anak Pak dudung, Kami satu kampung 150 orang diislamkan oleh beliau'," kata Habib Husein dilansir VIVA Militer dari siaran ceramah di Youtube Majelis Ar Ridwan, Senin 6 Desember 2021.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI

VIVA Militer: Habib Husein

Photo :

Lalu siapakah Habib Husein Baagil?

Habib Husein merupakan ulama yang datang dari Tuban, Jawa Timur. Beliau merupakan murid sekaligus keponakan dari Habib Achmad Jamal bin Toha Baagil, pendiri Majelis Ar Ridwan.

Putra dari  Habib Hasyim bin Toha Baagil memang dikenal dekat dengan keluarga besar TNI. Bahkan, saking cintanya pada TNI, dia pernah membawa baret merah kebanggan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke depan Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.

Sementara itu, menurut Habib Husein, dia pertama kali kenal dengan Jenderal TNI Dudung pada 2018, kala itu Jenderal TNI Dudung masih bintang satu dan belum ada jabatan.

Lalu pertemuan keduanya dengan Jenderal TNI Dudung ketika sudah dipercaya menjabat Panglima Kodam Jaya dan telah menyandang dua bintang di pundaknya.

Baca: Terkuak Kisah Dahsyat Jenderal TNI Dudung Islamkan 150 non-Muslim

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya