Panglima TNI Kirim Alat Berat Perkuat BNPB Tangani Erupsi Semeru

VIVA Militer: Panglima TNI kirim alat berat ke daerah terdampak Erupsi Semeru
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hari ini mengerahkan alat berat tambahan untuk memperkuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu para korban terdampak Erupsi Gunung Semeru untuk membersihkan material pasir yang menutupi pemukiman warga di sejumlah desa di kaki Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Prantara Santosa mengatakan, penambahan alat berat itu dilakukan setelah Panglima TNI melakukan peninjauan ke daerah Bencana Gunung Semeru pada hari Minggu, 5 Desember 2021 kemarin.

Saat ini, lanjutnya, alat-alat berat tersebut sudah tiba di lokasi tadi malam dan akan digelar di titik-titik yang diperlukan oleh BNPB.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Beberapa bantuan yang kembali dikirim TNI untuk membantu korban erupsi gunung Semeru yaitu Personel dan Alat Berat dari Yonzipur 10 yang ditempatkan di SDN Sumber Wuluh dan Polsek Candipuro," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 6 Desember 2021.

Selain itu, lanjut Kapuspen TNI, Panglima TNI juga telah mengerahkan sejumlah pasukan, Tim Kesehatan, dan Tim Dapur Lapangan TNI untuk membantu para korban di daerah terdampak erupsi gunung Semeru.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

"Selain itu Personel dan Alat Berat dari Yonzipur 5 juga ditempatkan di Desa Supit Urang. Alat berat  yang dimaksud, antara lain, 4 unit Backhoe Loader, 2 unit Self Loader,  1 unit Dozer, 2 unit Bulldozer, 8 Unit Excavator, 8 unit Dump Truck, 1 unit Crane, 1 unit Transporter, 1 unit Crane Cargo, 2 unit Trailer Kavaleri, dan 1 unit Trailer Sipil," ujarnya.

Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Lumajang.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level III.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024