Setelah 20 Tahun, TNI AL Akhirnya Dapat Helikopter Baru

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono menaiki helikopter latih Bell 505
VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono menaiki helikopter latih Bell 505
Sumber :
  • tnial.mil.id

VIVA – Dua unit helikopter akan memperkuat Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal). Setelah hampir 20 tahun, TNI Angkatan Laut akhirnya kembali memiliki lagi helikopter latih terbaru.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Laut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, menyaksikan secara langsung serah terima dua unit helikopter latih Single Engine Bell 505, dari PT Atamora Teknik Makmur di Apron Museum Penerbangan, Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 8 Desember 2021.

Pada momen ini, dua unit helikopter Bell 505 yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat pesawat Bell Textron, diserahkan kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal), Laksamana Pertama (Laksma) TNI Maman Rohman.

Kemudian, Kadisadal secara resmi menyerahkan dua helikopter kepada Asisten Logistik Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda (Laksda) TNI Puguh Santoso. Setelah itu, Aslog Kasal menyerahkan dua unit helikopter Bell 505 kepada Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksda TNI Edwin. 

Kedatangan dua unit helikopter latih Bell 505 diharapkan mampu memperkuat dan melahirkan penerbang TNI Angkatan Laut yang andal. Penambahan dua unit helikopter latih ini adalah modernisasi yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut.

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono saksikan penyerahan helikopter Bell 505

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono saksikan penyerahan helikopter Bell 505

Photo :
  • tnial.mil.id

Di dalam Puspenerbal sendiri, sebelumnya hanya ada helikopter latih jenis Colibri yang sudah digunakan sejak 2002 silam. Dalam kesempatan ini, Kasal menyatakan bahwa dua unit helikopter tersebut akan bergabung dalam Skadron Udara 200 Wing 2 Puspenerbal.