Danlanal Lhokseumawe Pimpin Latihan Tembak Senjata Mesin GPMG

VIVA Militer: Prajurit TNI AL latihan menembak senjata mesin GPMG Cal.7.62 mm
Sumber :
  • Pen. Lanal Lhokseumawe

VIVA Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dari jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan latihan tembak tempur offensif dan latihan tembak tempur defensif di Lapangan Tembak Detasemen Arhanud-001/CSBY, Jalan KKA KM 1,6 Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. 

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Latihan tembak tempur bagi prajurit TNI mungkin adalah hal yang biasa dilakukan, tapi tidak semua prajurit TNI memiliki kesempatan untuk latihan menembak dengan salah satu senjata mesin andalan TNI, yaitu senjata mesin sedang jenis General Purpose Machine Gun (GPMG) Cal.7.62 mm.

Sebab, berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer, senjata mesin GPMP Cal.7.62 mm buatan PT. Pindad yang mendapatkan lisensi dari perusahaan senjata FN Belgia itu merupakan salah satu senjata penghancur milik TNI. Senjata mesin itu memiliki kemampuan mengeluarkan amunisi sebanyak 650-1000 peluru permenit.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Komandan Lanal (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah yang memimpin langsung latihan teknik tembak tempur itu mengatakan, latihan teknik tembak tempur itu dilakukan dengan menggunakan dua senjata, yaitu teknik offensif dan teknik tembak tempur defensif dengan jarak dekat dan jarak sedang menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dan senjata mesin sedang jenis General Purpose Machine Gun (GPMG) Cal.7.62 mm dengan sasaran tembak/skip 100 meter.

Danlanal lebih jauh menjelaskan, latihan menembak yang dilakukan oleh prajurit Lanal Lhokseumawe itu program TNI Angkatan Laut, serta sesuai Direktif Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Ahmad Wibisono selaku pimpinan latihan yang merupakan agenda tetap dalam program kerja rutin dalam pembinaan satuan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit TNI Angkatan Laut.

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

"Materi latihan teknik tembak tempur offensif dan teknik tembak tempur defensif dengan jarak dekat dan jarak sedang yang diberikan kepada seluruh prajurit militer Lanal Lhokseumawe ini meliputi menembak senapan dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dengan sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan amunisi sebanyak 30 butir amunisi, ditambah 3 butir amonisi tembakan percobaan dengan jarak 100 meter," kata Danlanal Lhokseunawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Rabu, 8 Desember 2021.

Selain itu, kata Kolonel (Mar) Dian, pada hari yang sama para petembak melaksanakan lomba menembak dengan model TTO (Tembak Tempur Offensif) yang dimulai dari berlari 20 meter ke jarak 100 meter, melaksanakan menembak sikap tiarap 10 butir selama 1 menit dan menembak sikap duduk 10 butir selama 1 menit. Kemudian, lanjutnya, petembak berdiri kembali dan berlari sejauh 50 meter kedepan, melaksanakan menembak sikap berdiri 10 butir selama 25 detik.

"Sebelum pelaksanaan latihan tembak tempur Offensif dan tembak tempur Defensif, seluruh prajurit Lanal Lhokseumawe menerima arahan dari Tim Pelatih tentang pengamanan penggunaan senjata maupun pemakaian, agar para pelaku penembak tetap menjaga keamanan materiil maupun personil sesuai SOP yang berlaku di TNI AL," ujarnya.

Danlanal juga menegaskan, bahwa latihan menembak bukan hanya sekedar melaksanakan latihan rutin semata, namun setiap prajurit harus mampu meningkatkan keterampilan menembak, agar para prajurit Lanal Lhokseumawe lebih baik dan profesional dan tidak lupa akan jati dirinya sebagai Prajurit TNI.

"Kemampuan menembak merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap personel TNI Angkatan Laut Lhokseumawe sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, dikarenakan salah satu profesionalisme yang dimiliki seorang prajurit TNI AL adalah kemahiran dalam menggunakan senjata serta untuk menunjang keberhasilan kegiatan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), karena kesiapan tempur prajurit sangat penting untuk dijaga, agar Lanal Lhokseumawe dapat menjalankan tugas pokoknya dengan dedikasi yang tinggi dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI," katanya.

Untuk diketahui, rangkaian pelaksanakan latihan menembak itu dilakukan dalam rangka Latihan Gladi Tugas Tempur TW IV TA. 2021 yang turut diikuti Pasintel Mayor Marinir Darmo Sugiyono, Paspotmar Mayor Laut (KH) Farizal, Perwira Staf, Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Lhokseumawe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya