13 Prajurit TNI Pemburu Jaringan Teroris Poso Naik Pangkat Luar Biasa

VIVA Militer: Danbrigif PR 18 Kostrad Upacara KPLB 13 Satgas Mandago Raya
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – 13 Prajurit terbaik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dari satuan Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 502/Ujawala Yudha Kostrad yang pernah bertugas memburu kelompok teroris Poso pimpinan Ali Kalora atau Mujahidin Indonesia Timur (MIT) mendapatkan penghargaan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB).

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa kepada 13 prajurit terbaik Macan Tutul Kostrad itu pimpin langsung oleh Komandan Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider 18 Kostrad Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa pada hari Minggu, 19 Desember 2021 kemarin di lapangan Mabrigif Para Raider 18 Kostrad, Jabung, Malang.

Pemberian penghargaan kepada 13 prajurit terbaik Kostrad itu dilakukan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Infanteri yang ke-73.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Tidak hanya memberikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) saja, pada hari yang sama Danbrigif PR 18 Kostrad Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 421 prajurit yang telah bertugas sebagai Duta Keamanan Negara atau pasukan perdamaian PBB, Satgas Monusco Yonif Para Raider 503 Kostrad.

Dalam amanatnya, Komandan Brigif Para Raider 18 Kostrad, Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa mengatakan, kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta penghargaan Satgas Monusco merupakan apresiasi pimpinan terhadap kinerja prajurit selama penugasan operasi yang telah diperintahkan oleh negara.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

“Penghargaan yang diberikan kepada prajurit di daerah operasi memang layak diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi dan pengorbanan para prajurit yang dianggap melebihi panggilan tugas," kata Danbrigif PR 18 Kostrad, Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 20 Desember 2021.

Lebih jauh Danbrigif PR 18 berpesan kepada seluruh prajurit tempur Kostrad agar tidak mudah berpuas diri dengan capaian yang telah dilakukan selama tugas operasi di lapangan. Danbrigif berharap, apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada prajurit terbaik Kostrad itu dapat menjadi motivasi bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Darat untuk meningkatkan kemampuan diri yang lebih baik di masa mendatang.

"Jadikan ini sebagai motivasi untuk lebih baik kedepannya, jangan berpuas diri dan tetap berusaha lebih baik lagi," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah para Komandan Satuan Kostrad dari Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad, diantaranya, Kasbrigif Para Raider 18 Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., Danyonif Para Raider 501 Kostrad Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Danyonif Para Raider 502 Kostrad Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, Danyonif Para Raider 503 Kostrad Letkol Inf Roliyanto dan para Perwira Staf serta prajurit Brigif Para Raider 18 Kostrad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya