Prajurit TNI Evakuasi Korban Kecelakaan Speedboat, 1 Orang Tewas

VIVA Militer: Prajurit TNI AL Lantamal IX Ambon evakuasi penumpang speedboat
Sumber :
  • Instagram/@koarmada3_sorong

VIVA – Speeboat (kapal cepat) Speed KMP. Inarissa yang berangkat dari Pulau Kamarian menuju Pulau Tulehu, mengalami kecelakaan laut di perairan Pulau Pombo, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Senin 20 Desember 2021.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi Komando Armada III (Koarmada III) TNI Angkatan Laut, peristiwa nahas menimpa speedboat Inarisa di koordinat 3°31'004" S - 128°22'288" E.

Kecelakaan diperkirakan terjadi di perairan Pulau Pombo sekuyar pukul 07.30 Waktu Indonesia Timur (WIT), sesaat setelah bertolak dari Pulau Kamarian.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Di sisi lain, Kapal Angkatan Laut (KAL) Panana III-913 dan Searider 02 yang merupakan unsur Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon (Lantamal IX Ambon), tengah melakukan Operasi Keamanan Laut Terbatas. 

Komandan KAL Panana III-913, Kapten Laut (P) Besar Agung Wibawanto, sebelumnya menerima informasi ada kapal yang mengalami kecelakaan di perairan Pulau Pombo. 

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

VIVA Militer: Prajurit TNI AL Lantamal IX Ambon evakuasi penumpang speedboat

Photo :
  • Instagram/@koarmada3_sorong

Usai menerima informasi, Kapten Laut (P) Besar Agung langsung melakukan koordinasi prosedural dengan Lantamal IX Ambon. Setelah itu, di bawah pimpinannya, sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut yang berada di bawah jajaran Koarmada III tersebut langsung menuju titik terjadinya kecelakaan.

Setelah mengevakuasi seluruh penumpang, diketahui bahwa ada seorang korban meninggal dunia atas nama Sedek Sosal, berusia 60 tahun. Sedek merupakan petani yang tinggal di Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram.

Selain itu, ada enam penumpang yang langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarella, Tulehu. Keenam penumpang adalah Cai Pattimura (65), Gasim Patty (54), Rusda Pattimura (50), Amin Patty (48), Wa Adia (39), dan Yofantata Hehanussa (36). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya