Tak Peduli Timnas Dibantai, Komandan Marinir: Tetap Dukung Indonesia!

VIVA Militer: Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Suhartono
Sumber :
  • Instagram/@marinir_tni_al

VIVA – Timnas Indonesia harus menerima kekalahan telak saat dihantam Thailand dalam final leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu 29 Desember 2021. Dalam pertandingan itu, Asnawi Mangkualam cs takluk 0-4 dari pasukan Gajah Perang.

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

Jutaan pasang mata rakyat Indonesia tertuju ke pertandingan sarat gengsi itu. Tak terkecuali para prajurit petarung Korps Marinir TNI Angkatan Laut, yang ikut serta mendukung penuh skuat besutan Shin Tae-yong.

Bertempat di Balai Pertemuan Pangkalan Marinir (Bapra Lanmar), Cilandak, Jakarta Selatan, ratusan prajurit TNI Angkatan Laut anggota satuan elite Baret Ungu larut dalam keseruan nonton bareng final Piala AFF 2020.

Bukti Sahih Timnas Indonesia U-23 Tak Layak Dihukum Penalti

Yang lebih istimewa, turut hadir pula Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayjen TNI (Mar) Suhartono. Lewat pantauan VIVA Militer dari akun Instagram resmi Korps Marinir, seperti halnya suporter Timnas Indonesia Dankormar juga turut mengenakan jersey Skuat Garuda, lengkap dengan masker merah-putih.

Sayang, harapan kemenangan yang akan dipetik oleh Indonesia harus kandas usai kekalahan telak. Namun demikian, Suhartono menegaskan bahwa ini bukan masalah menang atau kalah. 

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas

VIVA Militer: Komandan Korps Marinir nobar (kiri) laga final Piala AFF 2020

Photo :
  • Instagram/@marinir_tni_al

"Bukan dilihat menang atau kalah bertanding, tapi menanamkan rasa nasionalisme, jiwa korsa dan cinta Tanah Air Indonesia. Mereka (Timnas Indonesia) sudah berjuang membawa nama baik Indonesia," tegas Suhartono.

Lebih dari itu, jenderal bintang dua itu meyakini bahwa dukungan terhadap Timnas Indonesia adalah bentuk rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air. 

Masih ada segala kemungkinan bagi Timnas Indonesia untuk kembali berjuang membalikkan keadaan. Ya, Indonesia akan berjumpa Thailand lagi dalam final leg 2 di tempat yang sama, Minggu 1 Januari 2022 mendatang. Untuk itu, Dankormar mengajak seluruh prajurit Korps Marinir dan rakyat Indonesia untuk tetap memberikan dukungan penuh terhadap Timnas Indonesia.

Meskipun kalah, kita harus tetap mendukung Timnas Merah Putih," pekik Dankormar.

Sepanjang 16 kali digelar sejak 1996, Timnas Indonesia berhasil melaju ke partai final sebanyak enam kali. Sayangnya, selama 25 tahun juga Skuat Garuda kerap gagal menjuarai ajang presitisius di kawasan Asia Tenggara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya