Keren, Prajurit TNI AL Ajak Anak-anak Korban Banjir Aceh Naik Swamboat

VIVA Militer: Lanal Lhokseumawe kerahkan Swamboat untuk hibur korban banjir Aceh
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut yang berasal dari jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe memiliki cara tersendiri untuk menghibur anak-anak korban banjir di Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Mereka mengerahkan salah satu kapal atau perahu andalannya, yaitu kapal Swamboat Wind Proppellant untuk menjelajahi sejumlah perkampungan warga untuk memberikan bantuan untuk para korban yang terjebak banjir di Lhoksukon.

Kerennya lagi adalah para prajurit TNI Angkatan Laut itu menggunakan salah satu alutsista yang cukup asing di mata masyarakat untuk melakukan trauma healing menghibur anak-anak menjelajahi genangan banjir di tengah pemukiman mereka.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Iya, raut riang gembira sontak terpancarkan dari wajah anak-anak yang beberapa hari lalu sudah terjebak banjir. Mereka tidak dapat menutupi rasa kegembiraan ketika prajurit TNI Angkatan Laut dari Lanal Lhokseumawe satu persatu membawa mereka naik kapal yang memiliki baling-baling raksasa di bagian belakang itu.

Kegiatan trauma healing tersebut dilakukan atas inisiatif Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah yang mengirimkan tim evakuasi, tenaga medis dan tim logistik untuk membantu masyarakat korban bencana alam banjir setelah mendapat informasi Darurat Bencana Aceh Utara pada hari Minggu, 2 Januari 2022 lalu.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah mengatakan, pengerahan bantuan dengan menggunakan Swamboat Wind Proppellant itu dilakukan atas perintah Komandan Lantamal (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Ahmad Wibisono. Dari perintah itu, lanjut Danlanal, pihaknya langsung mengerahkan Satgas Penanggulangan Banjir TNI Angkatan Laut yang berjumlah 22 personel dipimpin oleh Dansatgas Mayor Marinir Darmo Sugiyono untuk membantu masyarakat di Desa Gampong Beringin LB, Desa Gampong Nga dan Desa Gampong Asan LB di Kec. Lhoksukon.

"Satgas ini meliputi Tim Kesehatan dengan 1 unit ambulans dan obat obatan, Tim Evakuasi dengan mengerahkan material 1 unit Swamboat dan 1 unit Sekoci Karet berikut motor tempelnya serta Tim Logistik untuk penyediaan dan penyaluran dukungan logistik bagi masyarakat korban banjir khususnya di dapur-dapur umum milik masyarakat," kata Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 4 Januari 2022.

Lebih jauh lagi Danlanal menambahkan, pengerahan Satgas Penanggulangan Banjir di wilayah Aceh Utara itu merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh Pangkalan TNI Angkatan Laut agar cepat tanggap dengan mengoptimalkan kemampuan pangkalannya untuk mendukung penanggulangan bencana di wilayah kerjanya sekaligus merupakan Dharma Bhakti TNI Angkatan Laut kepada rakyat.

"Dalam mengatasi banjir serta untuk lebih mempercepat pulihnya keadaan dan meringankan beban masyarakat akibat terdampak banjir tersebut, Lanal Lhokseumawe juga berkoordinasi serta terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah setempat dan lembaga terkait diantaranya Pertamina Hulu Energi Lhoksukon Aceh Utara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya