Aksi Jenderal Raider TNI Tembus Pulau Laut China Selatan

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • tniad.mil.id

VIVA – Batalyon Komposit 1/Gardapati merupakan satuan multikorps (multi-satuan) yang dimiliki TNI Angkatan Darat, dan bertugas di wilayah terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Satuan yang diisi oleh sederet pasukan elite TNI ini bertugas di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

BI Sediakan Rp13 Miliar Kas Keliling di 5 Pulau Terluar Papua

Bertugas di ujung utara wilayah Indonesia, Batalyon Komposit 1/Gardapati (Yon Komposit 1/Gardapati) memiliki tugas pokok untuk menangkal setiap ancaman, yang bisa mengganggu kedaulatan NKRI.

Jelas bukan perkara mudah, sebab Yon Komposit 1/Gardapati menduduki wilayah yang berbatasan langsung dengan tiga negara, Kamboja, Malaysia dan Vietnam.

Perkuat Pertahanan NKRI, TNI AL Berencana Bangun Pangkalan Kapal Selam di Tiga Armada

Berada di pulau terluar NKRI, pasukan Yon Komposit 1/Gardapati mendapat tamu istimewa, Selasa 4 Januari 2021. Ya, tamu istimewa itu tak lain adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang hadir untuk bertatap muka langsung dengan para prajurit.

Setelah tiba dan disambut langsung oleh Komandan Yon Komposit 1/Gardapati, Letkol Inf M. Faizal Rangkuti, Kasad menyempatkan diri untuk memberikan arahan. 

KSAL Muhammad Ali: Idealnya Kita Punya 12 Kapal Selam untuk Jaga Wilayah Perairan Indonesia

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Photo :
  • tniad.mil.id

Dalam amanatnya, Dudung menegaskan bahwa para prajurit TNI anggota Yon Komposit 1/Gardapati harus bangga dengan tugas ini. Sebab, tak sembarangan prajurit bisa mendapat kepercayaan untuk menjaga dan mengamankan wilayah terluar NKRI yang memiliki nilai strategis. 

"Kalian harus bangga ditugaskan di Natuna. Ini merupakan suatu kehormatan, sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik," tegas Dudung dilansir VIVA Militer dari laman resmi TNI Angkatan Darat.

Sebagai pimpinan TNI Angkatan Darat, Dudung memahami betul kebutuhan para prajurit Yon Komposit 1/Gardapati. Oleh sebab itu, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) ini berjanji akan selalu memperhatikan kesejahteraan anak buahnya.

Salah satu yang tak luput dari perhatian Kasad adalah perlengkapan pakaian dinas harian. Dudung memastikan akan mengirim perlengkapan khusus untuk para prajurit, tanpa harus membeli.

"Nanti akan saya dukung baju loreng, kaos, sepatu hingga kaos kaki. Jangan lagi kalian beli, saya tidak mau," ucap Dudung.

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Photo :
  • tniad.mil.id

Kemudian dalam kesempatan itu, Dudung juga menyatakan akan memprioritaskan para anggota Yon Komposit 1/Gardapati terkait perkembangan karier. Tak hanya itu, Dudung juga akan membuka seluasnya kesempatan rekrutmen prajurit TNI Angkatan Darat, bagi masyarakat Natuna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya