151 Prajurit TNI AD Resmi Jadi Pasukan Tempur Pandawa Kostrad

VIVA Militer: Prosesi pembaretan pasukan Pandawa Kostrad di Gunung Telomoyo
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad kini memiliki kekuatan tambahan. Sebanyak 151 prajurit Kostrad yang ditempa dengan pendidikan militer secara khusus resmi bergabung ke dalam satuan tempur Pandawa Kostrad.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Iya, Batalyon Infanteri yang bermarkas di Salatiga, Jawa Tengah itu kini memiliki kekuatan personel tambahan untuk memperkuat tugas-tugas satuan dalam menjalankan operasi militer baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang diamanatkan oleh pimpinan.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Penkostrad, Senin, 10 Januari 2021, 151 prajurit baru Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad itu telah selesai menempuh pendidikan panjangnya. Mereka digembleng dan dilatih secara khusus untuk bertempur dan menguasai berbagai medan yang suatu saat akan mereka hadapi dalam setiap penugasan.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Pada acara puncaknya, 151 personel Kostrad itu melakukan Long March sejauh 20 kilometer di puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Magelang. Tradisi long march itu merupakan sebuah tradisi penerimaan warga baru, khususnya prajurit yang telah selesai menempuh pendidikan pembentukan prajurit maupun yang baru bergabung dengan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Long march tersebut bukanlah perjalanan biasa, melainkan seluruh peserta harus berjalan sambil menyanyikan lagu khas Satuan Yonif MR 411 Kostrad dan di sepanjang perjalanan tersebut akan melalui halang rintang yang harus mereka lewati seperti sungai, saluran air, serta jalan tanjakan dengan cuaca panas dan dinginnya puncak Gunung Telomoyo sehingga membutuhkan stamina dan konsentrasi yang sangat luar biasa besar.

5 Fakta Mengejutkan di Balik Kasus Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu

Setibanya di Puncak Gunung Telomoyo, para prajurit baru Yonif MR 411/Pandawa Kostrad itu melaksanakan upacara pembaretan sebagai warga baru Yonif MR 411 Kostrad. Dilanjutkan Serpas kembali menuju ke Markas Komando (Mako) Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad untuk melaksanakan upacara penciuman bendera tunggul dan penyiraman air bunga oleh Komandan Yonif Infanteri (Danyonif) Mekanis Raider 411 Pandawa Kostrad, Letkol Inf Arif Hermad kepada para prajurit.

VIVA Militer: Danyonif MR 411 Pandawa sambut kedatangan prajurit baru Kostrad

Photo :
  • Penkostrad

Danyonif MR 411  Kostrad Letkol Inf Arif Hermad mengatakan, prajurit yang mengikuti kegiatan tradisi ini merupakan prajurit yang baru masuk ke Yonif MR 411 Kostrad terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama.

Menurutnya, tradisi penerimaan prajurit baru itu bertujuan untuk menanamkan jiwa cinta terhadap satuan, menumbuhkan jiwa korsa dan kebersamaan serta menghargai jerih payah para pendahulu Pandawa.

Lebih jauh Abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 2003 itu berharap, dengan dilakukannya tradisi penerimaan prajurit baru itu, para Ksatria Baru Pandawa Kostrad itu dapat menjaga nama baik Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411 Kostrad dimanapun berada, baik di basis, medan latihan,  maupun penugasan.

"Selamat bergabung di Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, saya berharap kepada personel yang baru bergabung mampu menjaga nama baik satuan ini. Nama yang telah dibesarkan oleh para pendahulu kita dengan tetesan darah dan keringat. Tunjukan prestasi terbaik bukan yang biasa-biasa saja, saya percaya dan yakin kalian pasti mampu untuk menunjukan kualitas sebagai prajurit Pandawa. Ciptakan ide-ide kreatif selama bertugas dan jalin kerjasama dengan baik, jangan malu bertanya untuk menunjang tugas kedepan yang lebih baik," kata Danyonif MR 411 Pandawa, Letkol Inf Arif Hermad menyambut kedatangan kekuatan tambahan barunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya