Sangar, Pasukan Harimau Loreng Prabu Kian Santang TNI Mau Masuk Papua

VIVA Militer: Prajurit Yonif Raider 301/PKS
Sumber :
  • Yonif Raider 301/PKS

VIVA – Ternyata militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) sedang menyiapkan pasukan legendaris Angkatan Darat untuk mengamankan Papua.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Pasukan yang disiapkan TNI itu berasal dari  Brigade Infanteri 15/Kujang II, Komando Resor Militer (Korem) 062/Taruma Nagara, Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi. Yakni dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider) 301/Prabu Kian Santang.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Komando Pendidikan dan Latihan (Kodiklatad) dilansir VIVA Militer, Rabu 12 Januari 2022, saat latihan pratugas jelang diberangkatkan ke Papua sedang dilaksanakan di daerah latihan Rancaupas, Ciwidey, Jawa Barat.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Ada sebanyak 450 prajurit TNI Yonif Raider 301/PKS yang diberangkatkan ke Papua. Direncanakan batalyon berjuluk harimau loreng ini akan diterbangkan ke Papua akhir Januari 2022, setelah latihan pratugas tuntas dilaksanakan.

VIVA Militer: Jenderal TNI Andika dan Letjen TNI AM Putranto

Photo :
  • Penkodilatad
Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Jadi Tersangka

Tak tanggung-tanggung, Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa telah mengunjungi pusat latihan pratugas Yonif Raider 301/PKS bersama Komandan Kodiklat , Letjen TNI AM Putranto.

"Ciptakan kedekatan hubungan dengan masyarakat, tempatkan diri dengan baik agar kalian dicintai masyarakat," kata Jenderal TNI Andika saat memberikan arahan kepada prajurit Yonif Raider 301/PKS.

Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang merupakan satuan tempur TNI yang dari dahulu telah memiliki rekam jejak yang luar biasa. Batalyon yang terbentuk dari Brigade Prabu Kian Santang sejak 1948 itu merupakan pasukan yang dikenal sangar dan ditakuti penjajah Belanda.

Penjajah Belanda tercatat beberapa kali dibuat kewalahan menghadapi pertempuran pasukan Prabu Kian Santang. Bahkan beberapa perwira tentara Belanda tewas di beberapa pertempuran.

Dan pasukan inilah yang pertama kali berhasil menduduki dan membebaskan Kota Madiun dari pemberontak PKI.

Baca: Innalillahi, Perwira Muda Hantu Rimba Kostrad TNI Meninggal Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya