Keren, Jenderal TNI Dudung Terbangkan Helikopter Serbu Buatan AS

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung awaki Helikopter Serbu Apache AH-64E
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berhasil mengukir sejarah baru. Dia adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang telah berhasil pertama kali dalam menerbangkan helikopter serbu AH-64E Apache buatan Amerika Serikat (AS).

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Keberhasilan Jenderal Dudung dalam menerbangkan helikopter jenis serbu TNI Angkatan Darat itu ditorehkan pada hari Selasa, 11 Januari 2022 kemarin. Hal itu sebagai rangkaian penyematan Brevet Kehormatan Wing Penerbang TNI Angkatan Darat yang disematkan oleh Danpuspenerbad Mayjen TNI Bueng Wardadi di Hanggar Skadron 11/Serbu Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Rabu, 12 Januari 2022, orang nomor satu di Matra Darat itu berhasil menerbangkan Apache AH-64E bersama Kapten Cpn Satrya Matahari. Jenderal TNI Dudung Abdurachman take off dari Bandara Ahmad Yani menuju Simpang Lima Semarang.

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Sebelum mempiloti Apache AH-64E, Mantan Pangkostrad itu telah menerima pendidikan dasar berupa kegiatan Ground School, Brieving Pra Terbang, serta Fitting Vest dan Helmet di Gedung Simulator Hel Apache Pusdik Penerbad.

Meskipun terbilang sangat singkat menerbangkan Apache AH-64E, Jenderal TNI Dudung mengaku sangat senang dapat menerbangkan helikopter tempur andalan yang memperkuat pertahanan TNI Angkatan Darat itu.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI

"Heli Serbu Apache merupakan salah satu alutsista hebat dan canggih milik TNI AD dengan sensitivitas yang luar biasa sehingga perlu diawaki oleh prajurit-prajurit penerbang yang berkualitas," kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Jenderal Dudung pun mengingatkan kepada seluruh prajurit Puspenerbad TNI AD agar dapat menjaga alutsista tersebut dengan sebaik-baiknya, karena tidak murah dan harus dipelihara.

Keunggulan Helikopter Serbu Apache AH-64E

Untuk diketahui, Helikopter Apache Guardian AH-64E buatan Amerika Serikat (AS) yang dimiliki oleh Indonesia itu adalah salah satu helikopter serbu andalan yang dimilik oleh TNI AD.

Apache AH-64E Guardian adalah hasil pengembangan terbaru dari jenis Apache sebelumnya, AH-64D. Perbedaan menonjol yang dimiliki Apache AH-64E Guardian milik Indonesia dengan Apache AH-64D longbow block terdapat pada mesinnya. Apache Guardian dalam pengembangannya memiliki mesin yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu T700-GE-701D dari General Electric. Transmisi pun diubah menjadi coupe dengan tenaga ekstra. Helikopter Apache AH-64E dapat memacu kecepatan maksimum 300 km per jam, sementara AH-64D kecepatan maksimumnya 293 km per jam.

Selain itu, Apache AH-64E juga telah memiliki teknologi terbaru yaitu sistem datalink MUM-TX L-3 Communications yang memungkinkan awak helikopter untuk mengendalikan drone (UAV). Tidak hanya itu, Helikopter AH-64E juga dilengkapi dengan beberapa fitur khusus untuk menunjang kemampuannya dalam melaksanakan misi tempur.

Fitur–fitur itu diantaranya sistem radar penjejak target dan kendali penembakan Longbow, sistem deteksi target M-TADS, peluru kendali atau rudal udara ke darat AGM 114 Hellfire dengan daya jangkau efektif 8 kilometer, roket Hydra kaliber 70 milimeter, pylon peluncur rudal udara ke udara yang dapat dipersenjatai dengan rudal AIM-9 Sidewinder, Stinger, Mistral dan atau Sidearm.

Tidak hanya itu, Apache AH-64E juga dilengkapi kanon M230 kaliber 30 milimeter yang mampu menembakkan sebanyak 625 butir peluru per menit nya. Untuk menunjang sistem deteksi target M-TADS, serta radar penjejak target dan kendali penembakan Longbow, helikopter serang ini juga dilengkapi perangkat Forward Looking Infra Red atau FLIR yang dapat digunakan untuk mencari sasaran dengan menggunakan gelombang infra merah. Sehingga Apache dapat mendeteksi sasaran dalam keadaan gelap gulita sekalipun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya