Mayjen TNI Andi Muhammad Uji Ranpur Lapis Baja 'Naga Hijau' Buatan AS

VIVA Militer: Pangdivif 2 Kostrad Uji Fungsi Ranpur Naga Hijau M113 A1
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad melakukan uji coba salah satu alutsista andalan pasukan tempur Kostrad yang telah selesai melaksanakan perbaikan di Benglap IV/4-1, Surakarta, Jawa Tengah. Alutsista yang telah dilakukan uji fungsi oleh Pangdivif 2 Kostrad itu adalah Kendaraan Tempur (Ranpur) lapis baja jenis M113 A1.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Uji fungsi alutsista oleh Pangdivif 2 Kostrad itu merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan guna pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur (Ranpur) TNI Angkatan Darat. Karena Ranpur M113 A1 ini merupakan kendaraan tempur lapis baja dan menjadi salah satu alutsista yang telah digunakan dalam memperkuat TNI Angkatan Darat sejak tahun 2014 silam.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Penkostrad, Kamis, 13 Januari 2022, uji fungsi ranpur yang dilakukan di Benglap IV/4-1 itu meliputi beberapa sistem yaitu, sistem engine, sistem transmisi, sistem kelistrikan, sistem pengereman, sistem APK, sistem AC, serta Accessories dan lain sebagainya.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

“Uji fungsi Ranpur M113 ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Dengan uji fungsi ini dapat menjadikan Alutsista dalam keadaan siap siaga, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok dan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan dalam latihan atau tugas operasi sehingga dalam pelaksanaan tugas kedepan tidak ada kendala apapun,” kata Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad.

VIVA Militer: Uji Fungsi Ranpur Andalan Kostrad Naga Hijau M113 A1

Photo :
  • Penkostrad
Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Dengan dilakukannya uji fungsi tersebut, lanjut Pangdivif 2 Kostrad, diharapkan kondisi Ranpur siap dioperasionalkan kembali guna menghadapi tuntutan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Untuk diketahui, Kendaraan Tempur (Ranpur) M113 A1 merupakan salah satu Alutsista andalan pasukan Kostrad TNI Angkatan Darat. Ranpur M113 adalah kendaraan tempur pengangkut pasukan berlapis baja beroda rantai yang dilengkapi senjata mesin berkaliber 12.7 mm.

Dalam sejarahnya, Alutsista buatan Amerika Serikat itu pernah digunakan oleh militer Amerika Serikat atau US Army ketika berperang melawan Vietnam pada tahun 1962 silam. Bahkan, Vietkong menjuluki ranpur M113 itu dengan sebutan "Naga Hijau" karena dikenal sebagai salah satu kendaraan tempur yang mematikan lantaran dilengkapi oleh senjata mesin dan mampu menembus semak belukar dan pepohonan untuk masuk ke kandang musuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya