Panglima TNI Berangkatkan 558 Prajurit Pilihan 3 Matra ke Lebanon

VIVA Militer: Pasukan Perdamaian Satgas Konga TNI
Sumber :
  • Kabidpeninter Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberangkatkan 558 prajurit pilihan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Duta Negara yang bertugas sebagai Satgas TNI Kontingen Garuda Unifil ke Lebanon Gelombang I T.A 2022.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

558 prajurit Satgas TNI Kontingen Garuda Unifil itu dilepas secara resmi oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 13 Januari 2022 kemarin.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Letjen TNI Eko Margiyono mengatakan, tugas prajurit TNI yang akan melaksanakan misi perdamaian sangatlah kompleks dan strategis, yakni mendukung kebijakan pemerintah di kancah Internasional dan upaya perdamaian dunia.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

“Tunjukan bahwa prajurit TNI adalah prajurit terlatih, disiplin, dan profesional serta berprestasi sebagaimana yang telah ditorehkan oleh para Kontingen Garuda sebelumnya,” kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Jum'at, 14 Januari 2022.

VIVA Militer: Kasum TNI Letjen Eko Margiyono lepas Satgas Konga Unifil Lebanon

Photo :
  • Puspen TNI
12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Panglima TNI meminta kepada seluruh prajurit yang akan bertugas untuk dapat memahami, menguasai, melaksanakan semua prosedur dan aturan yang telah ditentukan, memelihara kemampuan dan kewaspadaan selama bertugas, menjaga kondisi fisik dan kesehatan, serta mematuhi prokes COVID-19.

Panglima TNI juga berpesan kepada seluruh prajurit TNI yang mendapatkan tugas kehormatan ke Lebanon agar senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI, serta menghormati dan menjunjung tinggi budaya setempat dan menghindari pelanggaran sekecil apapun.

Untuk diketahui, 558 prajurit pilihan yang bertugas sebagai Satgas Kontingen Garuda itu berasal tiga Matra TNI. Sebelum berangkat mereka juga telah menerima sejumlah pendidikan atau latihan khusus untuk mendukung tugas operasi sebagai Satgas Perdamaian Dunia.

Perlu diketahui pula, pelaksanaan tugas Kontingen Garuda dibagi menjadi tujuh Satgas, 378 prajurit tergabung dalam Satgas Yonmek, 28 prajurit Satgas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU), 80 prajurit Satgas Force Protection Company (FPC), 5 prajurit Satgas Civil Military Coordination (CIMIC), 16 prajurit Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU), 33 prajurit Satgas Military Police Unit (MPU), 7 prajurit Satgas Hospital, dan 11 prajurit bertugas sebagai Military Staf Sector East.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya